formi-klaten

KLATEN,newsreal.id – Cabang olahraga dibawah Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) kini sudah semakin berkembang, terutama pada jenis olahraga petualangan dan tantangan. Olahraga yang menantang adrenalin itu biasanya digandrungi anak-anak muda seperti BMX, capoeira, parkur, atau cheerleader yang sifatnya penuh tantangan.

Menurut Ketua Umum FORMI Jawa Tengah, Drs Rakun MPd, olahraga perjuangan dan tantangan tak hanya didominasi oleh anak-anak muda saja. Orang dewasa juga tak mau ketinggalan untuk mengembangkan olahraga penuh tantangan karena hobi, seperti trabas, trail, sepeda gunung dan lainnya.

‘’FORMI punya slogan sport for all, jadi semua kalangan bisa melakukan olahraga rekreasi sesuai minat. Kaum muda mengembangkan olahraga menuntut adrenalin seperti parkur, capoeira, BMX yang membutuhkan keberanian. Namun yang tua juga menggeluti seperti trabas trail, sepeda gunung,’’ kata Rakun di Klaten, Sabtu (23/3).

Baca : Fencer Solo Pesta Emas di Kudus

Baca : Empat Emas Penuhi Target Taekwondo Solo

Hal itu diungkapkan usai melantik pengurus FORMI Kabupaten Klaten periode 2019-2024 di Pendapa Pemkab Klaten dengan dihadiri Plt Kepala Dinas Pendidikan Klaten, Sri Nugroho, sejumlah tokoh olahraga dan tamu undangan. Acara didahului senam sehat diikuti ratusan warga di halaman Pemkab Klaten.

Olahraga rekreasi terdiri atas tiga kelompok, yakni olahraga kesehatan dan kebugaran seperti senam yang bermacam-macam jenisnya, olahraga perjuangan dan tantangan, serta olahraga tradisional yang merupakan olahraga asli milik Bangsa Indonesia yang sekarang sudah hampir dilupakan.

‘’FORMI sekarang mencoba melestarikan lagi olahraga tradisional, akan kami budayakan lagi olahraga yang sudah hampir dilupakan seperti egrang, teklek panjang, tarik tambang, gobak sodor dan masih banyak lagi olahraga yang menyenangan. Olahraga seperti ini bisa dilakukan semua kalangan,’’ ujar Rakun.

Baca : Juara Jateng, Anisa Fungki Dikirim ke Thailand

FORMI telah berkembang pesat dan tersturktur, hampir di semua kabupaten/kota di Jawa Tengah sudah ada pengurus. Dia memuji Klaten yang kepengurusannya sudah memasuki tahun ke-6. Selain organisasi, FORMI juga sudah mempunyai kegiatan rutin seperti Pekan Olahraga Rekreasi Daerah (PORDA). Kegiatan itu digelar rutin setiap tahun bersamaan dengan HUT Provinsi. Rencananya, tahun ini akan diselenggarakan di Wonogiri.

Di tingkat nasional ada kalender dua tahunan yakni Pekan Olahraga Rekreasi Nasional, begitu juga kalender empat tahunan tingkat dunia ada Tafisa World Games. The 6th Tafisa World Sport For All Games berlangsung di Indonesia, The 7th Tafisa World Sport For All Games akan berlangsung di Belanda.

Sementara itu, Pengurus FORMI Klaten periode 2019-2024 kembali diketuai Djoko Sutrisno dibantu 3 wakil ketua, Sekretaris Umum YF Mulyadi dan Bendahara Umum Sri Mudjiati. Selain itu ada 4 bidang dan 3 komisi. Acara itu juga diisi dengan deklarasi Anti Narkoba yang ditirukan seluruh hadirin.(Merawati Sunantri) 

Baca :Askot PSSI Solo Kembali Gelar Kursus Kepelatihan

Tinggalkan Pesan