pesilat-popda2

*Popda Jateng Tingkat SMP

SOLO,newsreal.id – Empat pesilat pelajar diturunkan tim Solo pada Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Jateng tingkat SMP, pekan lalu. Namun pada pertarungan di kompleks Stadion Jatidiri Semarang itu, tim Kota Bengawan hanya mampu menyabet sekeping medali emas.

‘’Maliki Istiqlal merebut satu-satunya medali emas. Dia menjadi juara di kelas D putra setelah menang telak dalam pertarungan final,’’ kata pelatih tim pencak silat Popda SMP Solo, Sapto Purnomo, Minggu (24/3).

Dua pesilat putri Solo kandas di pertarungan semifinal. Andini Azahra meraih medali perunggukelas H putri, demikian pula Anisa Permata yang harus puas berada di peringkat tiga kelas G putri. Seorang pesilat lain Kota Bengawan, Febrila bahkan tak mampu menembus semifinal di arena pertarungan kelas B putri.

Baca : Voli Duduk Mulai Benahi Performa

‘’Persaingan perebutan gelar juara memang berlangsung sangat ketat. Hal tersebut terjadi karena kekuatan dari daerah-daerah lain di tingkat pelajar saat ini relatif merata,’’ tambah Sapto.

Banjarnegara dan Klaten

Tim yang paling banyak mengumpulkan medali adalah Banjarnegara. Kontingen tersebut mengemas tiga medali emas, sama jumlahnya dengan raihan Kabupaten Klaten. Namun tim Klaten kalah dalam pengumpulan medali perak.

‘’Persiapan kami memang kurang matang. Ke depan, para pesilat pelajar bakal lebih diperbanyak pengalaman bertandingnya. Dengan jam terbang yang lebih tinggi, mereka akan lebih tangguh dalam mengahadapi berbagai pertandingan,’’ tutur Sapto.

Baca : Sepak Bola Celebral Palsy Saring 14 Pemain

Awalnya, tim pelajar SMP Solo menyiapkan 15 atletnya dalam rangkaian pertarungan pelajar tersebut. Mereka terdiri atas delapan atlet putra dan tujuh putri dijaring melalui seleksi. Selanjutnya mereka ditempa dalam latihan bersama di Gelanggang Pemuda Bung Karno kompleks Stadion Manahan dan gedung olahraga kawasan Sumber.

Namun jumlah tersebut kemudian menyusut, karena pada fase kualifikasi di lingkup eks-Karesidenan Surakarta hanya empat pelajar yang lolos dan meraih tiket menuju Popda Jateng tingkat SMP.(Setyo Wiyono)

Baca : Pebulutangkis Solo dan Karanganyar Duel di Turki

Tinggalkan Pesan