perenang-solo

*Kejuaraan antar-Perkumpulan di AAU

SOLO, newsreal.id – Puluhan perenang dari berbagai klub atau perkumpulan renang di Solo bakal menyerbu Yogyakarta. Mereka akan bersaing dalam kejuaraan antar-perkumpulan yang rencananya digelar di kolam renang Tirta Krida Akademi Angkatan Udara (AAU) Yogyakarta, Sabtu-Minggu (30-31/3).

‘’Puluhan perenang yang akan turun pada kejuaraan berskala nasional AAU nanti. Tapi kalau seluruh klub di Solo mengirimkan perenangnya, mungkin bisa mencapai seratusan orang,’’ kata Ketua Pengkot Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Surakarta, Devy Rachyuanto, Selasa (26/3).

Perkumpulan-perkumpulan renang yang saat ini melakukan pembinaan mulai usia anak-anak antara lain Bintang Timur, Paswind atau Pasifik, Tirta Dharma, Almagari dan Elite. Klub-klub tersebut melatih para atletnya di berbagai kolam renang di Solo dan sekitarnya.

‘’Kalau masing-masing klub mengirimkan 20 atletnya saja, ada 100 perenang dari Solo yang akan turut bersaing. Lokasi lomba yang realtif tak terlalu jauh, bisa jadi membuat sejumlah klub memanfaatkan untuk menambah jam terbang para atletnya,’’ tutur pria yang juga ketua klub Bintang Timur itu.

Persaingan Ketat

Dia mencontohkan, klub yang dipimpinnya berencana mengirimkan 20-25 perenang untuk bersaing di ajang tersebut. ‘’Usianya beragam, mulai kelompok umur  (KU) 5 hingga KU-1. Terbanyak di KU5 dan KU4 (7-8 tahun dan 9-10 tahun-red),’’ ujarnya.

Disingung soal target perburuan medali emas, Devy menyebut cukup sulit memprediksi. Sebab, kejuaraan antar-perkumpulan tersebut berskala nasional sehingga persaingan bakal sangat ketat. Menurutnya, para perenang dari berbagai daerah seperti Jawa Timur, Jawa Barat dan Bali, biasanya memiliki kemampuan yang bagus. Di daerah-daerah tersebut juga memiliki klub-klub renang besar.

‘’Jadi persaingan perebutan medali emas sangat berat. Yang terpenting, anak-anak berkonsentrasi penuh agar bisa menampilkan kemampuan terbaik. Jika sudah demikian, maka peluang untuk menjadi yang tercepat tetap terbuka,’’ tuturnya.(Setyo Wiyono)  

Tinggalkan Pesan