sepak-bola-cp5

*Seleksi Pelatnas Sepak Bola CP

SOLO,suaramerdekasilo.com–Jajaran National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) Jateng berharap agar delapan atletnya lolos dalam seleksi nasional (seleknas) menuju pelatnas sepak bola celebral palsy (CP/gangguan pada fungsi otak).

Delapan atlet Jateng telah mengikuti seleksi tersebut di lapangan Banyuanyar Solo, pekan lalu. Namun hingga kini, pengumuman awak pelatnas guna menghadapi pertandingan ‘’7 a side football’’ pada ASEAN Para Games (APG) Filipina 2020 itu, belum juga ditetapkan.

‘’Harapan kami tentu seluruh pemain dari Jateng lolos untuk jadi penghuni pelatnas. Jadi program latihan mereka dapat lebih bagus untuk menghadapi Peparnas,’’ kata Sekretaris NPCI Jateng, Priyano di sekretariat kompleks Stadion Manahan Solo, Rabu (27/3).

Para pesepak bola difabel tersebut sebelumnya juga tercantum pada daftar atlet pembinaan jangka panjang (PJP) NPCI Jateng yang disiapkan guna menghadapi Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) Papua 2020.

Baca : Duel Ringan Pesilat Pelatnas Lawan PPLOP

Baca : Empat Atlet Solo Raya Masuk Daftar Panggil

Eks Pelatnas

Dari delapan atlet tersebut, empat di antaranya berasal dari eks Karesidenan Surakarta, yakni Adi Joko Saputra (Solo), Ammar Hudzaifah (Karanganyar), Sugiyatno (Sragen) dan Timin (Wonogiri). Lalu empat lainnya dari sejumlah daerah lain yaitu Dany Priyo Sejati (Magelang), Ahmad Yuliarsi dan Amin Rosyid (Salatiga), serta Muhammad Fazli Yuliarsi (Semarang).

Menurut pelatih sepak bola CP NPCI Pusat, Anshar Ahmad, lima di antara atlet-atlet Jateng tersebut merupakan eks pelatnas APG Malaysia 2017. Mereka adalah Adi, Ammar, Ahmad, Amin dan Dany. ‘’Sebenarnya ada sepuluh pemain eks pelatnas APG Malaysia, lima di antaranya dari Jateng. Pada seleknas pekan lalu, kemampuan mereka masih berada di atas rata-rata pemain yang baru dipanggil,’’ tutur Anshar.

Rencananya, 14 pemain akan disaring untuk menghuni pelatnas. Seperti tahun-tahun sebelumnya, pelatnas NPCI biasanya diselenggarakan di Solo. Kendati demikian, Anshar belum bisa memberikan jawaban, kapan pelatnas bakal digelar lagi. ‘’Tunggu saja pengumuman dari NPCI Pusat,’’ tutur mantan pemain Arseto Solo itu.(Setyo Wiyono)    

Tinggalkan Pesan