kekeringan-wonogiri

WONOGIRI,newsreal.id – Guna menghadapi musim kering mendatang, khususnya di wilayah selatan kabupaten tersebut Pemkab Wonogiri menganggarkan dana sekitar Rp 15 miliar. Dana itu untuk membangun jaringan air bersih yang bersumber dari Banyutowo Paranggupito, Seropan Gunung Kidul, dan Luweng Songo Pracimantoro.
Langkah itu dilaakukan untuk mengantisipasi kekeringan yang sering dikeluhkan penduduk di Kota Gaplek bagian selatan.
Seperti apa yang dikeluhkan Kepala Desa Gendayakan, Kecamatan Paranggupito, Heri Sutopo. Menurut Heri sekitar 2.000 jiwa warganya sebelumnya mengalami kesulitan air bersih saat kemarau tiba. Kondisi itu menjadi salah satu penyebab kemiskinan karena warga harus mengeluarkan banyak uang hanya untuk membeli air. Setiap kemarau tiba, total uang yang dikeluarkan warga Desa Gendayakan untuk membeli air bisa mencapai Rp 600-700 juta.  

Baca : Butuh Anggaran Rp 15 Miliar Atasi Kekeringan di Wonogiri

Baca : Berbiaya Rp 1,2 Miliar, Tiga Sumur Penuhi Kebutuhan Air 7.800

“Sudah 73 tahun sejak Indonesia merdeka kami kekurangan air. Sekarang kami berterima kasih kepada Bapak Bupati karena telah membangun jaringan air bersih ke desa kami sepanjang 6-7 kilometer. Saya berharap ada percepatan pemasangan SR (sambungan rumah) dari PDAM,” harapnya.
Direktur PDAM Giri Tirta Sari Sumarjo mengatakan, sumber air Waru di Desa Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito telah bisa dialirkan ke bak-bak penampungan di Desa Gendayakan. Namun, untuk menghidupkan sambungan-sambungan rumah, diperlukan tambahan suplai air dari sumber Banyutowo. Selain itu, beberapa dana dari sumber lain juga akan dialokasikan untuk mengatasi kekeringan. Antara lain dari Dana Alokasi Khusus (DAK), bantuan gubernur, dan sebagainya, sehingga total dana yang digunakan untuk mengatasi kekeringan tahun ini akan mencapai Rp 26 miliar. “Saya juga meminta corporate social responsibility (CSR) dari perbankan untuk membantu persoalan kekeringan,” pintanya.(Khalid Yogi)

Baca : Tiga Kilogram Kotoran Bisa Menyalakan Kompor Setengah Jam

Tinggalkan Pesan