satpol-kra-atribut

KARANGANYAR, newsreal.id. Tim Terpadu Kabupaten Karanganyar kembali menertibkan alat peraga kampanye (APK) yang pemasangannya menyalahi Perbup 5/2013 tentang Pemasangan Reklame Non Komersial, Senin (1/4).
Alat peraga itu dipasang di pohon, dekat tempat ibadah, di pagar-pagar taman, maupun di fasilitas umum (fasum) lain, yang mestinya steril dari pemasangan APK.
Tim beranggotakan personel Bawaslu, KPU, Satpol PP, Polres Karanganyar, Dishub PKP dan instansi terkait lainnya, bergerak menyusuri jalan-jalan protokol, untuk melepas poster, baliho maupun spanduk yang dipasang di tempat terlarang.
Selain di wilayah kota, penertiban juga dilakukan serentak di seluruh kecamatan oleh Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) dan unsur terkait lainnya.
Ketua Bawaslu Karanganyar Nuning Ritwanita Priliastuti mengatakan, penertiban dilakukan serentak di 17 kecamatan.

Baca : Kampanye Terbuka Pemilu 2019 Berganti Tiap 2 Hari

Baca : Puluhan Rekomendasi Untuk LKPj Bupati Karanganyar

“Jadi seluruh PPK hari ini (kemarin, Red) bergerak, melepas APK yang pemasangannya tak sesuai regulasi,” jelasnya.
Dijelaskannya, APK yang dilepas hanya yang pemasangannya melanggar regulasi. Sedangkan yang pemasangannya sudah sesuai ketentuan, tidak ikut ditertibkan.
“Karena ini masih masa kampanye. Jadi yang ditertibkan hanya yang menyalahi aturan. Kecuali nanti, pada saat masa tenang, seluruh APK yang masih terpasang akan dilepas,” katanya.
Nuning menjelaskan, penertiban yang dilakukan di masa kampanye bersifat mengurangi APK yang dipasang tak sesuai aturan. “Soal sanksi, tidak ada. Sebab regulasinya memang tidak mengatur sanksi untuk APK yang pemasangannya tak sesuai,” ujarnya.
Bawaslu sendiri sudah kerap menyampaikan ke partai, agar dalam pemasangan APK menaati aturan yang ada. Hanya saja, dalam pelaksanaannya, hal itu tergantung kesadaran masing-masing untuk menaati aturan. “Tidak hanya partai tertentu yang melanggar, tapi semuanya,” imbuhnya. (Irfan Salafudin)

Baca : 1.500 Personil Siap Amankan Pemilu di Karanganyar

Tinggalkan Pesan