simulasi-pilpres-solo2
SIMULASI : Sejumlah pemilih memasukkan surat suar ake dalam kotak dalam simulasi yang digelar KPU.

*Simulasi Coblosan

SUKOHARJO,newsreal.id-Pemilu tahun ini benar-benar sulit dan lama, khususnya bagi mereka yang sudah lanjut usia alias manula.
Dalam simulasi yang digelar KPU Kabupaten Sukoharjo, satu orang manula membutuhkan waktu hingga 13 menit di dalam bilik suara untuk mencoblos lima surat suara.Sedangkan bagi mereka yang masih muda, waktu yang dibutuhkan rata-rata 2,5 menit.
Ketau KPU Kabupaten Sukoharjo, Nuril Huda mengatakan, waktu pemungutan suara akan lebih lama karena setiap pemilih akan mendapatkan lima surat suara. Masing-masing, surat suara Pilpres, surat suara anggota DPRD kabupaten, anggota DPRD provinsi, dan anggota DPD. Dari simulasi pemungutan suara yang dilakukan KPU Sukoharjo, proses di TPS selesai pada pukul 24.00.
“Dalam simulasi coblosan, waktu paling cepat yang digunakan oleh pemilih 1,4 menit dan paling lama 13 menit. Khusus untuk pemilih berusia lanjut satu pemilih membutuhkan waktu hingga 13 menit di dalam bilik,” jelas Nuril.
Sedangkan untuk mereka yang masih muda dan bisa baca tulis, rata-rata waktu yang dibutuhkan sekitar 2,5 menit. Untuk yang lanjut usia kenapa lama karena mereka butuh waktu sejak membuka surat suara, mencoblos hingga melipatnya kembali.
Simulasi sendiri dilakukan persis sesuai dengan kondisi di lapangan nanti. Jumlah DPT yang terlibat dalam simulasi tersebut sebanyak 300 untuk satu TPS. Hanya saja untuk gambar yang dicoblos dalam simulasi bukan gambar partai dan caleg sesuai dengan peserta pemilu 17 April nanti. “Namanya simulasi, jadi semua juga disesuaikan dengan kondisi lapangan tetapi yang dicoblos beda. Misalnya, namanya partai mangga, apel dan sebagainya,” imbuhnya.
Selain itu, dari jumlah kerusakan surat suara, Nuril mengatakan juga tidka banyak. Hanya saja, ada pemilih yang sama sekali tidak mencoblos lima surat suara tersebut. Surat suara hanya dibuka lalu dilipat kembali lalu dimasukkan dalam kotak. (heru susilo)

Tinggalkan Pesan