template-pemiluh-karanganyar

KARANGANYAR, newsreal.id. Template atau alat bantu mencoblos surat suara bagi pemilih tuna netra, hanya disediakan untuk surat suara pemilihan presiden-wakil presiden dan anggota DPD RI.
Sedangkan untuk pemilihan anggota DPR RI, DPRD provinsi dan kabupaten tanpa template. Pemilih tuna netra bisa menunjuk pendamping untuk membantunya memilih calon legislatif (caleg) pilihannya, jika merasa memerlukan pendamping.
Komisioner KPU Karanganyar Divisi Teknis Muhammad Maksum mengungkapkan, pihaknya intensif menyosialisasikan kepada Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), agar paham bagaimana melayani pemilih disabilitas di tempat pemungutan suara (TPS).
“Pelayanan pada pemilih difabel kan berbeda dengan pemilih umum. Misalnya perlu pendampingan atau tidak. Terutama bagi pemilih tuna netra. Sebab template yang disediakan hanya untuk surat suara pilpres dan pemilihan DPD,” jelasnya.

Baca : Nihil Kegandaan Data Pemilih Boyolali

Baca : Ribuan Warga Hadiri Peringatan Harlah NU

KPPS harus memahami, jika pemilih menunjuk pendamping, maka si pendamping harus mengisi formulir C3, yang substansinya menjaga kerahasiaan apa yang dipilih orang yang didampingi, serta sesuai dengan keinginan orang yang didampingi.
“Untuk pendampingnya, disarankan orang yang berasal dari keluarganya sendiri. Sehingga bisa lebih memahami, apa yang diinginkan si pemilih,” jelasnya.
Namun jika pemilih tuna netra tidak membawa pendamping sendiri dan minta untuk didampingi saat akan memilih di TPS, maka yang direkomendasikan untuk menjadi pendamping adalah anggota KPPS 2 atau 3.
“Sementara jika si pemilih tidak butuh pendamping di TPS, pun tidak membawa pendamping sendiri, KPPS harus menjelaskan bahwa template yang disediakan hanya untuk pilpres dan pemilihan DPD,” tuturnya.
Jika keinginan si pemilih hanya nyoblos dua surat suara itu saja, KPPS tidak bisa memaksa. Sebab, hak menggunakan suara ada di pemilih.
“KPPS tidak bisa memaksa pula, bahwa pemilih harus ada pendamping saat menggunakan hak suaranya. Jadi sebelum memilih, akan disampaikan dulu, apakah butuh pendamping atau tidak, jika tidak bawa pendamping sendiri,” imbuhnya. (Irfan Salafudin)

Baca Nyaris Sentuh Angka Seratusan, Bencana Longsor Landa Karanganyar

Tinggalkan Pesan