disabilitas sukoharjo
SOSIALISASI : Komisioner KPU Kabupaten Sukoharjo melaakukan sosialisasi dan simulasi coblosan pada penyandang disabilitas di Sukoharjo. Foto :Heru Susilo

SUKOHARJO,suaramerdekasolo.com – Mendekati hari H coblosan yang makin dekat, KPU menggencarkan sosialisasi pada masyarakat. Salah satunya adalah sosialisasi di kalangan disabilitas.
Komisioner KPU Kabupaten Sukoharjo, Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM, Suci Handayani menjelaskan, sosialisasi digelar di Hotel Tosan Solo Baru. Kegiatan tersebut diikuti 36 peserta.
“Mereka yang menjadi peserta adalah tuna netra, tuna rungu, tuna daksa dan tuna wicara. Kami juga melibatkan narasumber dari Paguyuban Disabilitas, dalam hal ini Edy Surpiyanto dari Sehati,” jelas Suci.
Dalam kesempatan tersebut, pihaknya juga melibatkan dua penerjemah bahasa isyarat. Hal tersebut untuk lebih memudahkan peserta menangkap materi yang disampaikan narasumber. “Yang jelas materi yang diberikan berupa paparan tentagn pemilu serentak, pengenalan suarat suara dan tatacara pencoblosan,” imbuhnya.
Ketua KPU Kabupaten Sukoharjo, Nuril Huda menambahkan, pemilu kali ini memang berbeda dengan pemilu sebelumnya. Sebab kali ini tepatnya 17 April mendatang, ada lima surat suar ayang dicoblos. Yaitu untuk DPR RI, DPD, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten dan Presiden.
“Ini memang pemilu serentak yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Jadi sosialisasi terus kita lakukan dengan menyasar kelompok-kelompok masyarakat yang selama ini belum pahan betul mengenai pemilu,” jelas Nuril. (Heru susilo)

Tinggalkan Pesan