tagana-solo-tanam-bibit-poh


SOLO,newsreal.id-Upaya untuk menanggulangi erosi dan bencana longsor di bantaran Sungai Bengawan Solo, Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kota Surakarta menanam ratusan bibit pohon di RW 13, Kelurahan Pucangsawit, Kecamatan Jebres Solo, Minggu (7/4).
“Penanaman ratusan bibit pohon ini sebagai upaya penghijauan serta menanggulangi longsor yang dapat terjadi sewaktu waktu di bantaran sungai itu. Kegiatan ini juga rangkaina HUT Tagana ke 15,” kata Koordinator Tagana Kota Surakarta, Yudha Baskoro, Minggu (7/4).
Yudha mengungkapkan sekitar 200 bibit pohon berjenis buah-buahan ditanam di sekitar bantaran. Selain menanggulangi bencana longsor. Pemilihan jenis pohon juga berfungsi untuk meningkatkan ekonomi warga RW 13 dalam memanfaatkan tanaman ketika panen.
“Tagana juga berusaha memberdayakan masyarakat yang ada di sekitar bantaran. Harapannya hasil buah-buahan itu dapat dimanfaatkan warga untuk dijual. Sehingga mereka memiliki pemasukan untuk mengembangkan diri serta lingkungannya,” kata dia.
Sebanyak 200 bibit pohon ditanam di sepanjang bantaran sungai, ratusan warga, muspida Kota Surakarta, Sibat, Damkar serta BPBD, hadir dalam aksi penghijauan tersebut.

Tinggalkan Pesan