penertiban-apk-boyolali

*Tim Gabungan Boyolali Gelar Penertiban Serentak

BOYOLALI- Bawaslu dan tim terkait menggelar penertiban alat peraga kampanye (APK), Senin (8/4). Kegiatan penertiban digelar serentak di seluruh wilayah Kabupaten Boyolali.

Di wilayah Kecamatan Boyolali Kota, kegiatan tersebut selain melibatkan Bawaslu, juga tim dari Satpol PP, TNI dan Polri. Mereka menyusuri jalan- jalan di wilayah Boyolali Kota. Tim dengan cermat mengecek alat peraga kampanye. Jika dinilai tidak sesuai aturan, maka APK tersebut langsung dicopot. Sasaran penertiban adalah APK yang tidak dipasang secara mandiri. Seperti yang dipasang di pohon turus jalan atau di ting milik pemerintah ataupun tiang penerangan jalan.

Untuk itu, tim membawa peralatan seperti linggis, tang dan alat lain yang digunakan untuk melepas paku pengait APK di pohon. Selanjutnya, APK dimasukkkan ke dalam bak pikap yang menyertai tim.

Agar kegiatan tersebut tidak mengganggu arus lalu lintas, maka petugas juga dikawal kendaraan dari Dinas Perhubungan setempat, sekaligus mengatur arus kendaraan. Total ada ratusan APK yang berhasil diamankan.
Ditemui di sela- sela penertiban, Kasi Penindakan, Satpol PP Boyolali, Tri Joko Mulyono menjelaskan, kegiatan ini sebelumnya sudah dikoordinasikan oleh jajaran terkait. Dimana komando berada di tangan Bawaslu.
“Kegiatan ini memang sudah ada koordinasi dengan Bawaslu.”

Namun demikian, Satpol PP juga memiliki tugas untuk mengawal Perda 5/2015 dan Perda 4/2016 tentang Ruang Terbuka Hijau. Dimana di dalamnya juga ada pasal yang melarang untuk memasang sesuatu dengan cara memaku di pohon.
“Jadi, kami berlakukan sama.”

Ketua Bawaslu Boyolali, Taryono mengungkapkan, kegiatan penertiban APK dilaksanakan serentak di seluruh wilayah Kabupaten Boyolali. Sebelumnya, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan jajaran terkait.
“Termasuk memberitahukan kepada parpol pengusung caleg dan pasangan capres- cawapres untuk menertibkan APK yang dipasang.” (Joko Murdowo)

Tinggalkan Pesan