SUKOHARJO,suaramerdekasolo.com – Sebanyak 167 kampung di Kabupaten Sukoharjo ditetapkan sebagai Kampung Keluarga Berencana (KB). Kampung KB terakhir ditutup di Dukuh Tambakan, Desa Karangwuni, Kecamatan Weru.

Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Sukoharjo Etik Suryani mengatakan, Kampung KB merupakan salah satu bentuk pelaksanaan total program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) secara utuh yang melibatkan seluruh bidang dan mitra kerja instansi terkait.
Kampung KB di Dukuh Tambakan Desa Karangwuni ini adalah Pencanangan Kampung KB yang ke-167 di Kabupaten Sukoharjo. Sehingga komitmen yang ditandatangani oleh Camat se Kabupaten Sukoharjo pada saat pencanangan Kampung KB pertama di Kampung Terok Kelurahan Begajah, Kecamatan Sukoharjo telah terealisasi dan tuntas diseluruh Desa/Kelurahan.
“Kampung KB merupakan program Presiden Joko Widodo, sebagai implementasi Nawa Cita ke-3 yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam rangka Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” jelas Bupati.
Dalam pelaksanaan program KKBPK, pemkab berhasil meraih penghargaan Anugerah Kencana karena dinilai mampu membangun bidang KKBPK. Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKB dan P3A) Sukoharjo Proboningsih Dwi Danarti menambahkan, Anugerah Kencana diberikan karena komitmen Pemkab memberikan perhatian berupa honor kepada Petugas Pembantu KB Desa (PPKBD) se-Kabupaten Sukoharjo sebanyak 167 orang. Dimana masing-masing menerima honor Rp 200.000 per bulan.
“Kampung KB Unggulan ini menjadi model Kampung KB di Jawa Tengah. Di mana Kampung KB Duta Makmur Dukuh Kedung Batang, Desa Ngasinan, Bulu sebagai Juara 1 Tingkat Provinsi Jawa Tengah sekaligus sebagaicenter of excellent (CEO) tingkat Provinsi Jateng,” jelasnya.
Tak hanya itu, Sukoharjo juga meraih prestasi dalam KKBPK yaitu, penghargaan Manggala Karya Kencana bidang KKBPK, Satya Lencana Bidang KKBPK, Juara I Pelayanan KB Perusahaan Tingkat Nasional oleh PT. Sritex, Juara I Lomba Kampung KB Tingkat Provinsi Jateng dan Juara II Tingkat Provinsi Jawa Tengah lomba BKB Holistik Integratif. (Heru susilo)

Tinggalkan Pesan