bantuan-bencana-karanganyar

KARANGANYAR,newsreal.id – Sebanyak 178 kepala keluarga dari 70 desa dan 14 kecamatan, yang tertimpa bencana kebakaran, longsor, dan terkena angin ribut sepanjang bulan Maret sampai Oktober di Karanganyar menerima bantuan sebesar Rp 414 juta.

Bantuan dibagi dengan perincian rusak berat menerima Rp 5 juta, rusak sedang menerima Rp 3 juta dan rusak ringan menerima Rp 1 juta. Mereka menerima bantuan setelah disurvei oleh tim Badan Penanggulangan Daerah (BPBD) Karanganyar.

‘’Dana tanggap bencana yang disiapkan BPBD setiap tahun sebesar Rp 500 juta dan mudah-mudahan tidah perlu menambah, meski kita diperbolehkan Bupati untuk menambah. Kalau minta tambahan artinya bencana dan korbannya bertambah. Itu yang justru tidak diharapkan,’’ kata Bambang Jatmiko Ketua BPBD, Rabu (10/4).

Bupati Juliyatmono dalam sambutannya meminta para koban untuk bersabar dan tabah. Sebab bencana memang tidak bisa diyolak dan juga diminta. Selain itu jangan menyalahkan siapapun apalagi Tuhan. Sebab janji Tuhan jika sabar pasti akan diganti dari rejeki yang tidak disangka-sangka.

Bantuan itu walau tidak bisa mengganti secara keseluruhan dari korban namun sebagai bentuk kepedulian pemerintah kepada rakyatnya, meski prosedurnya memang harus agak berbelit dan jumlahnya tidak seberapa.

Kepada para Kades diharapkan juga peduli dan tetap harus menjadi yang pertama dalam memberikan perhatian kepada korban. Ketika bencana melanda, kades, dan kadus serta RT dan RW sebagai wakil pemerintah harus menjadi orang pertama yang peduli pada korban bencana.(Joko DH)

Tinggalkan Pesan