tugu-semi-lanud-adi-soemarmo

*Renovasi Tugu Kopral Semi РMuseum Adi Soemarmo 

KARANGANYAR,newsreal.id – Prasasti renovasi Tugu Semi dan renovasi Museum Adi Soemarmo resemi ditandatangani Danlanud Adi Soemarmo Kolonel Pnb Indan Gilang B SSos di Tribun Lapangan Dirgantara, Lanud Adi Soemarmo, Selasa (9/4).
Suprapto putra Almarhum pejuang TNI AU Kopral Semi, Dandepohar 50 Kolonel Lek Budi R Leman, para pejabat Lanud Adi Soemarmo dan Depohar 50, Ketua PIA Ardhya Garini Cabang 3/ Gabungan II Lanud Adi Soemarmo Ny. Laely Indan Gilang serta seluruh prajurit dan Pegawai Negeri Sipil hadir dalam acara tersebut.

Danlanud Adi Soemarmo Kolonel Pnb Indan Gilang menyampaikan tujuan renovasi baik Tugu Kopral Semi maupun Museum Adi Soemarmo adalah selain agar lebih baik dan menarik di lingkungan Lanud, juga sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan atas jasa-jasa para pejuang dan pendahulu TNI AU yang telah gugur mengorbankan jiwa raganya demi bangsa dan negara.
Seusai acara penandatanganan prasasti di lanjutkan peninjauan Danlanud Adi Soemarmo dan putra Almarhum Kopral Semi, ke Tugu Kopral Semi.

Kopral Semi sebagai anggota Pasukan Pertahanan Pangkalan (PPP) gugur pada waktu meledakkan dan menghancurkan landasan Panasan pada tanggal 18 Desember 1948, hal ini dimaksudkan agar tidak dapat digunakan lagi oleh pihak Belanda dan memperlambat gerakannya.

Tugu kopral Semi berlokasi di dalam Lanud Adi Soemarmo, 30 meter selatan Pos Jaga Lanud, sedangkan Museum Adi Soemarmo berlokasi di lingkungan perkantoran Penerangan dan Perpustakaan.(Budi Santoso)

Tinggalkan Pesan