apk-wonogiri-diturunkan

WONOGIRI,newsreal.id- Semua alat peraga kampanye (APK) di Kabupaten Wonogiri diturunkan selama masa tenang Pemilu, tanggal 14-16 April ini. Pencopotan APK dilaksanakan hingga pelosok-pelosok desa.

Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Wonogiri Mahbub Ali mengatakan, penurunan APK itu sebenarnya telah dia sosialisasikan sejak sepekan lalu. “Seminggu sebelumnya, kami sudah menyurati semua partai politik untuk menurunkan semua APK ketika memasuki masa tenang,” katanya, Minggu (14/4).

Meski demikian, hanya beberapa partai politik yang mencopot sendiri APK mereka. Biasanya, mereka mengambil bendera-bendera partai karena masih bisa digunakan lagi. “Ada beberapa partai yang menurunkan sendiri, bendera atau baliho yang masih bisa dipakai,” ujarnya.

Namun, masih banyak APK yang tidak diturunkan atau dibongkar. Alhasil, personel Bawaslu dan Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) kecamatan terpaksa membongkar APK-APK tersebut. “Teman-teman Panwaslu ada yang sudah mulai menurunkan APK mulai Minggu pukul 00.00. Ada juga yang mulai pagi tadi,” imbuhnya.

Penurunan APK tersebut dilaksanakan bersama personel kepolisian, Satpol PP, Panwaslu tingkat desa/kelurahan dan TPS. Dia menegaskan, semua APK tana terkecuali harus diturunkan, baik di wilayah perkotaan maupun pelosok desa.

Selain itu, Bawaslu dan Panwaslu mulai melakukan patroli pengawasan antipolitik uang. Mereka mengawasi isu-isu dan potensi pelanggaran Pemilu. “Kami ingin memastikan tidak ada kegiatan kampanye di masa tenang, tidak ada intimidasi kepada calon pemilih, tidak ada praktik politik uang, tidak ada mobilisasi ASN, kepala desa atau perangkat desa, distribusi logistik Pemilu dalam keadaan aman, dan lokasi TPS netral serta mudah diakses,” terangnya.
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Wonogiri Toto Sihsetyo Adi mengatakan, logistik Pemilu sudah dikirimkan ke tingkat kecamatan. (Khalid Yogi)

Tinggalkan Pesan