distribusi-logistik-pemilu-karanganyar

KARANGANYAR,newsreal.id – Pengiriman logistik pemilu di 17 kecamatan di Karanganyar selesai hari ini, Minggu (14/4) dan tinggal mengirimkan ke 3.149 Tempat Pemilihan Suara (TPS) yang tersebar di berbagai tempat di desa.

‘’Kalau melihat data dan fakta TPS di Karanganyar, semua memungkinkan didistribusikan sehari, karena itu semua logistik ini dikirim ke kecamatan, ke PPS. dan nanti pengiriman ke KPPS-nya dijadwalkan sehari sebelum pemilu,’’ kata Triyastuti Suryandari, Ketua Komisi Pemilihan Umum.

Menurut dia, semua wilayah Karanganyar tidak ada yang sampai pelosok yang butuh waktu pengiriman lebih sehari, sehingga untuk keamanan maka semua logistik dipusatkan ke kecamatan.

Selain efisiensi, juga irit dari segi tenaga, sebab jika dikirim ke kecamatan, hanya butuh 17 orang saja untuk mengamankan, sedangkan kalau dikirim ke desa maka butuh 177 tenaga. Makanya teknis dari kecamatan ke desa atau ke KPPS terserah saja. Apa KPPS yang datang mengambil atau dikirim.

Dari pengamatan Suara Merdeka, proses pengiriman dari gudang KPU di Cangakan berlangsung lancar. Hari Minggu pengiriman tinggal ke Jaten, Tasikmadu, Kebakkramat, Mojogedang, dan Colomadu. Sampai siang dua tiga kecamatan sudah tuntas tinggal dua kecamatan yang belum menunggu giliran.

Pengiriman menggunakan mobil boks tertutup sehingga aman jika sewaktu-waktu terjadi hujan atau lainnya, sehingga emuanya tertutup. Mobil boks tertutup dikunci dengan kunci standar kantor pos yang memang tersendiri dan hanya sopir yang bisa membuka.

‘’Semua itu demi keamanan sehingga hanya sopir dan dialah satu-satunya penanggung jawab jika ada apa-apa dengan mobil boks tersebut. Yang jelas sampai tujuan semuanya sudah ada yang mengawasi. Dalam perjalanan truk noks dikawal oleh polisi bersenjata,’’ kata dia.

Dari sejak Jumat pengiriman dilakukan ke seluruh PPS di 17 kecamatan dan semua sudah berjalan lancar tanpa kendala berarti. KPU tinggal menunggu hari H pemilu pada 17 Apri mrndatang.(Joko DH)

Tinggalkan Pesan