disabilitas sukoharjo
SOSIALISASI : Komisioner KPU Kabupaten Sukoharjo melaakukan sosialisasi dan simulasi coblosan pada penyandang disabilitas di Sukoharjo. Foto :Heru Susilo

SUKOHARJO,newsreal.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo semakin menggencarkan sosialisasi ke masyarakat guna menekan angka golongan putih (golput) dalam pesta demokrasi pada 17 April mendatang. KPU menargetkan angka golput tersebut ditekan hingga 24,3 persen.
Berbagai upaya kini terus dikerjakan KPU memenuhi target nasional partisipasi pemilih sebesar 77,5 persen. Mulai dari sosialisasi di tempat umum (CFD), komunitas, kelompok masyarakat dan lain sebagainya.
Beberapa waktu lalu KPU juga menggelar “Pemilu Run dengan tema Pemilih Berdaulat Negara Kuat di Stadion Gelora Merdeka Jombor, Sukoharjo. Komisioner KPU Sukoharjo SUci Handayani mengatakan, berbagai upaya terus dilakukan untuk meningkatkan partisipasi pemilih dalam pemilu 17 April mendatang.
“Targetnya pemilih menggunakan hak pilihnya saat pencoblosan nanti. Sosialiasi ini akan terus digenjot KPU untuk meningkatkan partisipasi pemilih dalam pemilu yang dihelat pada 17 April mendatang. Langkah ini sekaligus memenuhi target yang dipatok nasional sebesar 77,5 persen,” ujar Suci.
Sebelumnya KPU juga merekrut sukarelawan demokrasi. Selain menyasar generasi milenial sebagai pemilih pemula, sukarelawan akan menyosialisasikan pelaksanaan pemilu ke seluruh warga. Para sukarelawan disebar di seluruh wilayah di Kabupaten Sukoharjo yang diharapkan mampu meningkatkan kualitas dan partisipasi pemilu. Selain itu meningkatkan kepercayaan publik terhadap pesta demokrasi.
Berdasarkan data yang ada, tingkat partisipasi pemilih di Kabupaten Sukoharjo pada pemilu 2004 sebesar 84 persen, kemudian di Pemilu 2009 partisipasi menurun menjadi 71 persen dan di 2014 sedikit meningkat menjadi 73 persen. (heru susilo)

Tinggalkan Pesan