panjat-tebing-solo2

*Jelang POM Panjat Tebing Rayon Surakarta

SOLO,newsreal.id – Puluhan mahasiswa bakal beradu tangguh pada Pekan Olahraga Mahasiswa (POM) Rayon Surakarta di Solo Sport Climbing Center kompleks Stadion Manahan, pekan ke empat akhir April mendatang.
Mereka berkompetisi untuk memburu tiket menuju POM tingkat Jateng yang akan diselenggarakan pada waktu berikutnya. Salah seorang atlet Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta Dimas Satryo menyebut ajang tersebut bakal menggelar tiga disiplin panjat.
‘’Lomba yang akan digelar mencakup nomor-nomor boulder, lead dan speed. Nomor speed yang dilombakan khusus speed klasik,’’ kata dia.

Guna menghadapi POM Rayon Surakarta tersebut, dia bersama sejumlah atlet ISI mengasah kemampuan dalam latihan di venue yang akan digunakan untuk lomba. Selain meningkatkan performa di papan boulder, mereka juga melakukan latihan di papan lead dan speed.
‘’Tentu tim kami ingin lolos ke POM tingkat Jateng nanti,’’ tutur lelaki yang juga awak tim Solo pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jateng XV/2018 tersebut.

Ingin Partisipasi

Latihan di venue kompleks Manahan itu tak hanya dilakukan para atlet ISI. Sejumlah mahasiswa Akademi Bank Darah (Akbara) PMI Surakarta juga ingin meningkatkan kemampuan mereka guna menghadapi lomba.
‘’Mungkin kemampuan anak-anak belum sebagus atlet-atlet mahasiswa lain. Sebab, belajar panjat tebing memang butuh proses. Tapi setidaknya kami ingin berpartisipasi dengan turut berkompetisi dalam POM Rayon nanti,’’ kata Sabar Gorky yang mendampingi latihan mahasiswa Akbara.
Ketua harian Pengkot Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Solo, Heri ‘’Aan’’ Kurniawan menuturkan, tuan rumah penyelenggaraan panjat tebing POM Rayon tersebut sebenarnya ISI Surakarta. Namun pelaksanaannya meminjam tempat di venue FPTI Kota Bengawan.
‘’Infonya, lomba untuk semua nomor akan dilaksanakan di Manahan. Tapi pada putaran final, khusus nomor lead kabarnya akan digelar di kampus ISI sendiri,’’ kata Aan.(Setyo Wiyono)

Tinggalkan Pesan