pencopotan-apk-karanganyar

KARANGANYAR, newsreal.id. Lebih dari 50 titik alat peraga kampanye (APK) berupa billboard (papan reklame) berukuran besar, ditertibkan Tim Terpadu Karanganyar, di masa tenang hari pertama pascamasa kampanye, Minggu (14/4).
Dengan satu unit mobil crane milik Dishub PKP Karanganyar, tim melepas APK yang dipasang di papan reklame di sejumlah kecamatan. Penggunaan mobil crane memudahkan petugas menjangkau melepas APK di titik tertinggi papan reklame.
Ada tiga tim yang bergerak untuk penertiban APK di hari pertama masa tenang. Dua tim bergerak ke wilayah timur dan barat, satu tim lagi bergerak dengan dibantu mobil crane ke sejumlah kecamatan. Selain itu, Panwascam di 17 kecamatan juga bergerak melepas APK yang masih terpasang.
“Ada 50-an APK di papan reklame besar yang sudah dilepas sejak pagi hingga sore dengan bantuan mobil crane ini,” kata Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa Pemilu Bawaslu Karanganyar Edi Budi Susilo, ditemui di sela penertiban.
Menurutnya, penertiban APK berupa baliho, spanduk dan poster, dilakukan dua Tim Terpadu maupun Panwascam.
“Sedangkan tim yang memakai mobil crane khusus untuk menjangkau APK di papan reklame besar, yang tidak mungkin dilepas tanpa bantuan mobil derek. Sebab posisi pemasangannya tinggi,” jelasnya.
Dikatakannya, pelepasan APK di masa tenang sebenarnya menjadi tanggung jawab peserta pemilu yang memasang. Bawaslu sudah mengirim surat ke seluruh peserta pemilu, agar melepas APK begitu masa kampanye selesai.
“Namun ketaatan peserta pemilu untuk melepas sendiri APK-nya masih belum optimal. Sehingga Tim Terpadu bergerak untuk membersihkannya,” tuturnya.
Jika penertiban belum selesai dilakukan di hari pertama masa tenang, maka Tim Terpadu akan melanjutkannya di hari kedua masa tenang, Senin (15/4). “Panwascam akan mengidentifikasi, mana APK yang belum dilepas. Nanti tim akan bergerak lagi, jika masih ada yang perlu dibersihkan,” imbuhnya. (Irfan Salafudin)

Tinggalkan Pesan