SOLO, newsreal.id – Pasangan capres-cawapres nomor urut 01, Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin, menang telak di Tempat Pemungutan Suara yang berada di dekat Posko Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi Solo.
Dari pantauan newsreal.id, di TPS 28 Kelurahan Sumber Kecamatan Banjarsari Solo tersebut, pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin meraup dukungan dari 233 pemilih. Unggul jauh dari kompetitornya, Prabowo-Sandi, yang mendapat 18 suara. Adapun satu suara dinyatakan tidak sah.
TPS tersebut menjadi lokasi pencoblosan bagi warga RT 3 RW 8 Kelurahan Sumber, yang berada satu wilayah dengan Posko BPN. Sebanyak 252 orang masuk ke dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), sementara pemilih yang masuk ke Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) dan Daftar Pemilih Khusus (DPK) masing-masing berjumlah satu dan dua orang.
Di TPS 38 Kelurahan Manahan Kecamatan Banjarsari yang menjadi lokasi pencoblosan keluarga Jokowi, pasangan capres-cawapres nomor urut 01 juga mendapat dukungan mayoritas pemilih. Dari hasil penghitungan suara Pilpres 2019 Jokowi-Ma’ruf Amin memperoleh 152 suara, sedangkan Prabowo-Sandi mendapatkan delapan suara. Sebanyak dua surat suara dinyatakan tidak sah.
Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS 38 Sunarso mengungkapkan, di TPS tersebut terdapat 187 orang yang masuk DPT. “Yang mencoblos 162 orang, sementara tiga calon pemilih sudah meninggal dunia dan enam orang pindah. Ada tambahan sembilan pemilih di DPTb,” papar dia.
Keunggulan pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin juga terjadi di TPS 24 Kelurahan Sumber Kecamatan Banjarsari, yang dijadikan lokasi pencoblosan oleh para tetangga Jokowi. Di TPS tersebut, Jokowi-Ma’ruf Amin mendapatkan dukungan dari 226 pemilih, adapun Prabowo-Sandi didukung 13 pemilih. Sebanyak dua surat suara dinyatakan tidak sah. (Agustinus Ariawan)

Tinggalkan Pesan