pasien-tak-coblos-kra

*Pasien Gagal Mencoblos 

KARANGANYAR,newsreal.id – Karena tidak ada TPS keliling, puluhan pasien baru di Unit Gawat Darurat RSUD Kartini Karanganyar gagal mencoblos dan akhirnya golput.

Mereka sudah membawa surat undangan tanda terdaftar sebagai pemilih di desanya. Namun tentu saja saat ditanya formulir A5 untuk pemilih yang pindah daerah pemilihan, pasien tersebut tidak bisa menunjukkan. Karena itu mereka tetap ditolak saat meminta untuk bisa mencoblos karena ada surat undangan.

Dirut RSUD dokter Wahyu mengatakan karena aturan KPU memang seperti itu, maka pihaknya menyerahkan kepada KPU saja apakah mereka bisa memilih atau tidak. Jika diijinkan maka pihaknya akan mengijinkan, jika tidak bisa ya otomatis tidak bisa. Maksum, komisioner KPU yang dihubungi mengaku hanya bisa berpegang pada aturan. Sesuai aturan KPU, warga masyarakat yang memiliki hak pilih dan sudah terdaftar harus mengurus form A5 untuk pindah dapil. Jika tidak bisa menunjukkan ya tidak bisa dilayani.

‘’Kami hanya berpegang pada aturan, dan bukan ranah kami untuk ngeguhke. Jadi terpaksa mereka yang menderita sakit mendadak, ya tidak bisa dilayani mencoblos,’’ kata dia. Karena sampai menunjukkan surat undangan sebagai tanda betul-betul pemilih terdaftar, namun pasien tersebut tidak mungkinj balik ke rumah untuk nyoblos sebab tangannya sudah terlilit selang infus, akhirnya pasien tersebut hanya bisa pasrah tidak mencoblos. Tidak terlayani.(Joko DH) 

Tinggalkan Pesan