penghitungan-suara-pemilu
WONOGIRI,newsreal.id- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Wonogiri menargetkan scan dan input data formulir C1 selesai pada Senin mendatang (22/4). Dengan demikian, hasil Pemilihan Presiden (Pilpres) maupun Pemilihan Legislatif (Pileg) di kabupaten tersebut bisa terlihat.
 
Ketua KPU Kabupaten Wonogiri Toto Sihsetyo Adi mengatakan, formulir C1 dari seluruh TPS telah dikirim ke kantor KPU Kabupaten Wonogiri. “Seluruh formulir C1 sudah sampai di tempat kami. Sekarang kami sedang memilah, kemudian melakukan scan dan input data,” ujarnya, Jumat (19/4).
 
Pihaknya menargetkan proses scan dan input data tersebut selesai dalam waktu empat hari, atau Senin mendatang (22/4). KPU Kabupaten Wonogiri juga berencana menampilkan hasil input data sementara secara berkala. “Setiap pagi, kami akan tampilkan <I>update<P> data di kantor KPU,” terangnya.
 
Sementara itu, pihak Tim Kampanye Daerah (TKD) Joko Widodo-Ma’ruf Amin Kabupaten Wonogiri menyatakan telah menghimpun data sementara hasil Pilpres. Pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden 01 tersebut mampu memperoleh suara hingga 84,35%. “Sementara ini, jumlah suara yang tercatat untuk pasangan Capres-Cawapres 01 mencapai 397.393 suara atau 84,35%. Sedangkan untuk pasangan Capres-Cawapres 02 mencapai 73.731 suara atau 15,65%,” kata Sekretaris DPC PDI Perjuangan Wonogiri, Setyo Sukarno.
 
Selisih perolehan suara yang sangat jauh itu menurutnya menunjukkan tingkat kepercayaan terhadap pemerintahan Presiden Joko Widodo masih tinggi. “Ternyata, masyarakat bisa menerima program-program Presiden Jokowi. Kami berharap kedepannya semakin dinikmati oleh masyarakat Wonogiri,” imbuhnya.
 
Pihaknya optimistis dalam Pileg 2019 ini PDI Perjuangan berhasil memperoleh 25 kursi dari 50 kursi yang disediakan untuk DPRD Kabupaten Wonogiri. Pada Pileg 2014 lalu, partai tersebut mampu meraih 13 kursi dari 45 kursi DPRD Kabupaten Wonogiri.
 
Terpisah, pihak Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno Kabupaten Wonogiri masih menghimpun data perolehan suara Pilpres. “Data C1 yang sudah didapat dari saksi-saksi kami hari ini akan dikirim ke sekretariat BPN Wonogiri. Hasilnya nanti diinput kemudian akan kami kirimkan ke DPD (Dewan Pimpinan Daerah) dan DPP (Dewan Pimpinan Pusat),” kata politisi Partai Gerindra Wonogiri, Suryo Suminto.
 
Di sisi lain, pihaknya optimistis Partai Gerindra dalam Pileg 2019 ini berhasil meraih lima kursi untuk DPRD Kabupaten Wonogiri. Pada Pileg 2014 lalu, partai tersebut meraih empat kursi di DPRD Kabupaten Wonogiri. (Khalid Yogi)

Tinggalkan Pesan