Rengga-Mega-Dalang-Bocah

SRAGEN,newsreal.id – Dalang bocah asal Solo, Rengga Mega Atmaja masih terlalu kuat bagi dalang-dalang bocah yang lain. Kepiawaianya mendalang, mengalahkan dalang bocah lainnya. Saat Lomba Dalang Bocah Tingkat Jateng yang digelar Diknas Provinsi Jateng bekerjasama dengan Pepadi Jateng, di Pendapa Taman Ndayu, Sragen, 30 April – 1 Mei 2019, Rengga Mega Atmaja meraih Juara I. Bocah berpostur tubuh gemuk itu senang bukan kepalang. Pengukuhan dalang bocah dengan Lakon ‘’Kangsa Lena’’ itu berdasarkan keputusan Ketua Dewan Juri Ki Manteb Soedharsono dan anggota, Bambang Soewarno dan Widodo Brotosejati.
‘’Setelah mengamati, menilai serta mengevaluasi penampilan, kami dewan juri memutuskan Rengga Mega Atmaja layak sebagai sebagai Juara pertama,’’ tutur Ki Manteb Soedharsono, kemarin. Rengga berhasil meraup nilai 1.606 dari dewan juri dan panen hadiah. Lomba digelar 30 April – 1 Mei 2019.
Kegiatan digelar dalam rangkaian Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2019.
Berikutnya Juara II diraih Dimas Tuwuh Pandu Aji dari Purbalingga dengan Lakon ‘’Karno Tanding’’ meraup nilai 1.557 serta Juara III diraih Salman Hilal Muharam dari Pati dengan Lakon ‘’Gathutkaca Gugur’’ dengan nilai 1.532.

Lomba Dalang

Untuk Juara Harapan I diraih Beta Ardana Putra dari Batang dengan Lakon ‘’Jarasando Gugur’’ meraih nilai 1.510 serta Juara Harapan II disabet Yobi Yopi Kurniawan dari Kendal, Lakon ‘’Brodjodento Mbalelo’’ meraih nilai 1.399 dan Juara Harapan III diraif Luthfi Azis Nugroho dari Kebumen dengan Lakon ‘’Semar Boyong’’dengan nilai 1.392.
‘’Para juara selain mendapat tropi, piagam penghargaan dan uang pembinaan dari Diknas Provinsi, masih ditambah hadiah uang dari Untung Wiyono,’’ ungkap Medhot Soedarsono, selaku panitia penyelenggara, kemarin.
Ketua Pepadi Jateng Untung Wiyono mengatakan pendidikan pedalangan sangat bermanfaat bagi generasi muda untuk membentuk karakter dan mengisi khasanah budaya bangsa. Untung berharap pengurus Pepadi di Jateng selalu memberikan bimbingan kepada dalang muda.
Dalam rangka membuka sanggar baru, yakni Sanggar Budaya di Sragen, Untung Wiyono menawari kalangan dalang senior Pepadi diwilayah Soloraya menggelar Lomba Dalang Tingkat Nasional.
‘’Kalau panitia memang siap menggelar lomba dalang tingkat nasional, nanti Pepadi Jateng yang akan membiayai,’’ tutur Untung Wiyono menyampaikan tawaran itu kepada para dalang senior yang hadir di Taman Ndayu. Ajakan itu disambut tepuk riuh kalangan dalang senior, diantaranya Manteb Soedharsono, dan Gusti Benowo, maupun kalangan seniman lain.(Anindita AN)

Tinggalkan Pesan