wisata-solo2
MEMBATIK : Salah satu staf di Ndalem Gondosuli, Laweyan Solo memperagakan tata cara membatik dengan alat canting (newsreal.id/Budi Santoso)

SOLO,newsreal.id – Kehadiran objek wisata anyar di Kota Solo yang baru saja diresmikan atau dioperasional amat menguntungkan untuk mengangkat gairah kepariwisataan kota ini dan daerah sekitar.
Sebut saja tujuan wisata baru seperti Museum Keris, Rumah Batik Ndalem Gondosuli dan wisata kuliner Gladag Lagen Bogan (Galabo). Tiga destinasi wisata ini menjadi kunci rahasia bagi Kota Bengawan ini untuk menggaet wisata sebanyak-banyaknya, baik wisatawan domestik maupun mancanegara.

Kepala Seksi Pengembangan Pasar Disporapar Provinsi Jateng, Tanti Apriani mengungkapakan, baik dinasnya, maupun dinas pariwisata setempat amat bergairah memasarkan dan mempromosikan objek-objek wisata ini. Pasalnya, objek-objek wisata ini memenuhi kebutuhan terkini para pelancong milenial.
“Wisata kuliner Galabo yang menawarkan aneka menu makanan lezat, murah dan tempat nongkrong yang nyaman. Sensasi membatik tulis di Ndalem Gondosuli, dan belajar sejarah keris di Museum Keris dan berlanjut ke Pura Mangkunegaran. Tiga objek wisata ini memberikan nilai plus bagi Solo dan tentunya dunia wisata,” katanya saat dihubungi Jumat (17/5).

Hal itu juga tercermin ketika belum lama ini pihaknya mengundang pelaku wisata dari Jatim untuk mengeksplorasi beberapa destinasi wisata unggulan di Kota Solo, Sragen dan Karanganyar. Saat ditunjukkan objek wisata kuliner Galabo, Museum Keris, Ndalem Gondosuli, dan Sekolah Menegah Kesenian Indonesia, mereka sangat tertarik.

wisata-solo1

BELAJAR MEMBATIK : Salah satu pelaku wisata dari Asita Jatim menjajal kemampuan membatik saat berkunjung di Ndalem Gondosuli, Laweyan Solo. (newsreal.id/Budi Santoso)


“Mereka ingin menjajakan paket wisata ini ke calon pelancong dari Jatim,” imbuhnya.

Kuncara, pelaku biro perjalanan dari Bojonegoro Jatim mengakui kepariwisataan di Kota Solo sekitarnya pesat. Akses jalan tol Trans Jawa yang juga melintasi wilayah Solo Raya ikut membantu geliat pariwisata di Solo ini.
“Tentu saja potensi-potensi wisata inilah sangat mendukung Kota Solo dan kota-kota penyangga lainnya. Potensi semacam ini amat didambakan para pelaku wisata, khususnya kami,” katanya. Ia yakin, ke depan Solo menjadi salah satu tujuan wisata yang kuat tak hanya di Indonesia tapi di mancanegara.(Budi Sarmun)

Tinggalkan Pesan