satgas-ganjal-karanganyar
CEGAH LAKA : Satgas Ganjal Ban yang diawaki personel TNI, Polri dan elemen masyarakat mendorong kendaraan yang tak kuat menanjak di tanjakan Desa Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu, Rabu (19/6). (newsreal.id/Irfan Salafudin)

KARANGANYAR,  newsreal.id Satlantas Polres Karanganyar mengintensifkan kembali peran Satgas Ganjal Ban, untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan di titik-titik rawan. 
Relawan dan masyarakat umum, juga personel TNI ikut diajak untuk siaga di waktu-waktu tertentu, menjadi personel Satgas yang bertugas mengganjal ban kendaraan yang tak kuat saat berjalan di tanjakan ekstrim. 
Secara berkala, personel Satgas akan diterjunkan dalam situasi tertentu, terutama saat lalu lintas kendaraan cukup padat. 
Rabu (19/6), personel Satgas Ganjal Ban gabungan, hasil sinergitas TNI, Polri dan elemen masyarakat “beraksi” di tanjakan Desa Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu, yang tingkat kemiringannya cukup ekstrim. 

Baca : Kereta Api VS Empat Motor, Satu Mobil Enam Korban Dilarikan Ke Rumah Sakit

Baca : Dari Al Musafir kembali ke Musafir

Dengan alat yang diberi nama “palu Thor”, karena berbentuk seperti palunya tokoh komik superhero Thor, mereka sigap mengganjal ban depan maupun belakang mobil yang tak kuat menanjak, agar tidak nggelondor ke bawah. 
Beberapa personel lain sigap menahan kendaraan dari belakang setelah ban-nya diganjal, lalu mendorongnya pelan-pelan hingga kendaraan kembali melaju menaiki tanjakan. 
Kanit Regident Satlantas Polres Karanganyar Iptu Ahmad Riedwan Prevoost mengatakan, Satgas Ganjal Ban akan diterjunkan pada momentum tertentu, seperti akhir pekan dan libur panjang yang membuat lalu lintas kendaraan cukup padat, ataupun di momentum arus mudik-arus balik hari raya.

Baca : Sidak di Pasar Palur , 38 Jenis Makanan-Minuman Ditemukan Kedaluwarsa

 Penempatannya di titik-titik rawan kecelakaan, karena kemiringan tanjakan yang ekstrim. 
“Seperti di Desa Gondosuli, Tawangmangu ini, tanjakannya termasuk ekstrim. Kemiringannya mencapai 40-an derajat. Jika tak kuat menanjak, kendaraan bisa meluncur turun kalau tidak ditahan. Di sinilah peran Satgas Ganjal Ban, mencegah terjadinya kecelakaan akibat kendaraan tak kuat menanjak,” jelasnya. (Irfan Salafudin) 

Tinggalkan Pesan