cara-memilih-template-blog
FOTO ILUSTRASI

Cara memilih template blog – Template peranannya sangat vital bagi sebuah blog. Karena dengan struktur template yang baik, itu bisa meningkatkan ranking blog di SERP (Search Engine Result Page). Tentunya jika didukung oleh faktor-faktor lain, seperti konten dan backlink-backlink berkualitas. Paling tidak dengan memakai template yang bagus, Anda sudah punya satu poin plus.

Selain itu, template juga menggambarkan identitas blog kita. Contohnya blog-blog misteri, lucu rasanya jika backgroundnya berwarna pink. So, bisa dibilang template adalah pakaian sebuah blog atau website, di mana terkadang pakaian itu adalah hal yang dinilai orang pertama kali.

Makanya tak heran banyak para blogger yang selalu gonta-ganti template demi mendapat template terbaik.

Cara Memilih Template yang SEO Friendly

Untuk Anda yang masih bingung bagaimana cara memilih template yang disukai mesin pencari, berikut beberapa tips yang perlu Anda perhatikan:

1. Cari Template yang Ringan

Pada zaman sekarang, sebagian besar template yang beredar di pasaran sudah dirancang seringan mungkin. Karena memang salah satu penilaian bagus tidaknya sebuah template dari segi loading speed nya.

Dari sisi pengunjung, loading blog yang cepat sangat berpengaruh terhadap pengalaman pengguna yang baik (good user experience), di mana itu sangat disukai oleh Google.

Memang kecepatan sebuah blog tidak berpengaruh secara langsung terhadap peringkat blog, lihat saja portal-portal berita… berat banget loadingnya (mungkin karena penuh iklan). Tapi peringkat mereka bagus-bagus aja di SERP. Namun, kita jangan bandingkan blog kita dengan portal-portal raksasa tersebut, seperti yang Saya bilang di awal, faktor-faktor pendukung lain selain template juga banyak.

Lalu kenapa kita perlu memperhatikan kecepatan loading blog?

Begini, kecepatan itu secara tidak langsung ada pengaruhnya terhadap peringkat.

Pengunjung akan malas membuka blog yang loadingnya lambat, misalnya lebih dari 5 detik blog itu masih loading, kemungkinan besar mereka akan langsung menutup atau menekan tombol back. Tebak apa yang terjadi? Bounce Rate (Rasio Pentalan) Anda hancur… Dampaknya, Google akan menurunkan peringkat blog (artikel) secara perlahan, karena blog Anda dianggap tidak berkualitas, dengan begitu cepatnya pengunjung meninggalkan blog Anda!

Sudah terbayang kan, hubungan antara kecepatan dengan SEO?

Untuk mengetahui loading template cepat atau tidak, Anda bisa tes melalui PageSpeed Insight, atau GT Metrix. Untuk PageSpeed Insight, cobalah cari yang page speed versi mobile dan desktop di atas 80. Untuk GT Metrix, usahakan loading time-nya kurang dari 5 detik.

Kalau ingin memilih template yang ringan, pastikan template tersebut tidak terlalu banyak JavaScript dan CSS nya. Minim JavaScript dan CSS, website jadi kurang menarik, kebanyakan JavaScript dan CSS, website jadi berat. Pilihan ada di tangan Anda, apakah memilih desain atau kecepatan!

2. Tidak ada Kesalahan Data Terstruktur

Google, melalui Google Search Console telah mengisyaratkan untuk memilih template dengan struktur yang baik. Dengan begitu bot Google akan dengan mudah dapat mengidentifikasi blog Anda.

Anda bisa cek apakah ada struktur data yang error atau tidak di alat pengujian yang disediakan oleh Google ===> https://search.google.com/structured-data/testing-tool/u/0/.

Jika terdapat kesalahan, sudah banyak artikel yang membahas cara memperbaiki kesalahan data terstruktur tersebut. Cuma kalau Anda masih dalam tahap pemilihan template, sebaiknya coret saja pilihan Anda kalau ada data terstruktur yang error.

3. Mobile-Friendly

Belum lama ini, Google mengupdate algoritma mereka, mobile-first indexing. Hal tersebut menandakan bahwa, mereka akan menempatkan website-website yang sudah support mobile-friendly pada halaman teratas.

Secara saat ini pengguna smartphone semakin banyak, Google juga melihat peluang emas ini. Maka ia akan menempatkan “blog” yang memudahkan pengguna, di tempat yang mudah dilihat pula (pejwan)!

Saya rasa, template premium atau gratisan yang beredar sekarang sudah mobile-friendly semua. Jadi tak perlu khawatir soal ini. Namun, kalau Anda ingin tes ulang untuk memastikan juga bisa, coba ke ===> https://search.google.com/test/mobile-friendly.

Accelerated Mobile Pages (AMP)

Untuk tahu lebih banyak apa itu AMP, langsung aja ke site resminya AMP. Intinya, dengan menggunakan AMP loading blog akan lebih cepat.

Ketika update algoritma tersebut terbit, banyak orang mengira bahwa AMP akan mendapatkan tempat terbaik. Pada kenyataannya, beberapa web Saya yang telah menggunakan AMP tidak mengalami kemajuan atau peningkatan peringkat.

Beberapa web besar pun banyak yang tidak tertarik untuk beralih ke AMP. Cuma, AMP itu membuat blog kita diakses dengan sangat cepat, jadi gak ada salahnya juga sih kalau Anda memilih template AMP.

Sekarang sudah banyak para pembuat template Blogger yang membuat versi AMP yang valid, kalau dulu hanya untuk WordPress saja.

Sebelum menggunakan AMP, baiknya cari tau dulu kekurangan atau kelebihan menggunakan AMP.

4. Fitur yang Memadai

Fitur disini termasuk breadcrumb, artikel terkait, tombol share, Slide Show dan sebagainya. Nah, ini sih terserah Anda, sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda.

Jika ada fitur yang tidak digunakan, sebaiknya hapus saja JavaScript dan CSS nya, agar tidak menambah beban loading blog. Kalau tidak faham betul masalah JS dan CSS, jangan coba-coba asal hapus, sebaiknya tanyakan kepada developernya terlebih dahulu.

5. Navigasi yang Baik

Kalau Anda pernah ditolak ketika mendaftar AdSense, salah satu alasan penolakan tersebut adalah karena navigasi sulit. Untuk itu penting rasanya menggunakan template dengan navigasi yang memudahkan pengguna.

Paling tidak menu untuk kategori terletak pada tempat yang paling terlihat, sehingga pengguna akan dengan mudah menemukan semua halaman pada blog Anda.

Selain itu, sidebar dan Footer juga mungkin diperlukan sebagai tempat widget-widget yang memudahkan pengguna.

Mungkin 5 hal itu saja yang perlu dipertimbangkan dalam cara memilih template untuk blog yang SEO Friendly. Semoga Bermanfaat!

1 KOMENTAR

  1. Tips ini sangat sederhana sekali dalam membangun SEO blog. Ketika saya membaca dari awal sampai akhir , ternyata ada beberapa hal yang belum saya lakukan. Untuk itu, saya akan mencoba menggunakan teknik ini. Terimakasih

Tinggalkan Pesan