siswa-sd-cengklik-kunjungi-terminal-tirtonadi-solo1
KUNJUNGI SKYBRIDGE : siswa SDN Cengklik 1 mengunjungi jembatan penyeberangan (skybridge) dalam kegiatan outing class. (newsreal.id/dok)

SOLO,newsreal.id – Sebanyak 545 siswa dan 37 guru dan karyawan SDN Cengklik 1 Solo melaksanakan kegiatan outing class. Outing Class ini dilaksanakan dengan mengunjungi Terminal Tipe A Tirtonadi Surakarta. 

 Kepala Sekolah SD Negeri Cengklik, Yohana Listyowati Spd Mpd mengatakan, kegiatan ini dilksanakan setiap satu semester sekali, di Jumat pertama.

“Kegiatan ini merupakan bagian dari kegiatan Jumat Sehat yang setiap pekan kita laksanakan di sekolah.” terang Yohana Jumat (6/9).

Ia mengungkapkan,  perlu adanya pengetahuan kepada anak-anak terkait dengan penggunaan fasilitas transportasi publik. Terminal, sebagai salah satu fasilitas transportasi publik, perlu lebih disosialisasikan kepada anak-anak.

“Anak-anak sudah tahu, ada bus, ada angkutan kota, dan lainnya. Kita kenalkan juga bagaimana menggunakan fasilitas terminal ini, sekaligus juga untuk pengenalan integrasi antar moda dari kereta api, bus dan pesawat terbang yang terhubung dengan jembatan skybridge.” paparnya.

siswa-sd-cengklik-kunjungi-terminal-tirtonadi-solo2
KUNJUNGI TERMINAL : siswa SDN Cengklik 1 Solo mengunjungi Terminal Solo, Jumat (6/9). (newsreal.id/dok)

Fungsi Pendidikan

Setio salah satu siswa mengaku senang bisa mengikuti acara ini. Dia mengatakan bisa melihat bus dan kereta api, serta dapat pengetahuan tentang cara membeli tiket bus.

“Tadi dijelaskan cara beli tiket bus, juga lewat jembatan dari terminal ke stasiun,” ujar siswa kelas V ini.

Koordinator Terminal Tipe A Tirtonadi Surakarta,  Joko Sutriyanto SH mengatakan, pihaknya dengan terbuka menerima semua kunjungan dari siswa dan guru. Menurutnya, selain sebagai layanan transportasi, terminal juga memiliki fungsi pendidikan dan sosialisasi penggunaan transportasi umum kepada masyarakat.

“Kami siap menerima kunjungan dari sekolah-sekolah. Kami membuka pintu seluas-luasnya bagi kegiatan pendidikan.” ujarnya. (Budi Santoso) 

Editor : Hartanto Gondes

 

Tinggalkan Pesan