icsb-umkm-go-internasional
FOTO ILUSTRASI : UMKM Karanganyar

 

*Reses, anggota DPRD Jateng Sumanto

KARANGANYAR,newsreal.id – Reses, anggota DPRD Jateng Sumanto pulang kampung menyerap aspirasi yang berkembang di daerah. Dia menemui konstituennya yang warga Karanganya, yakni para pengurus anak cabang PDIP Karanganyar di kantor PDIP setempat.

‘’Reses dijadwalkan mulai 17 April lalu sampai sepekan lamanya. Dan saa gunakan menyerap apa saja aspirasi yang mreka sampaikan, khususnya bidang ekonomi untuk memacu pertumbuhan yang di Jateng ini masih sekitar 5,5 persen, sedang di Karanganyar sudah 5,9 persen,’ kata dia, akhir pekan lalu.

Masalah ekonomi memang menjadi fokus, karena dengan memacu bidang itulah dirasa geliatnya akan terasa bagi masyarakat. Terlebih lagi sektor UMKM yang justru lebih kuat menghadapi krisis dibanding sektor lainnya yang malah memperbesar hutang saja.

Berbagai aspirasi sudah dia kantongi dari pertemuan dengan masyarakat itu. Terutama kemudahan akses perbankan untuk menambah modal kerja, akses pasar sehingga produk mereka bisa diterima oleh konsumen, dan juga permasalahan lainnya.

Rata-rata mereka mengeluhkan masih tingginya bunga bank yang menjadikan mereka kesulitan karena untuk membayar angsuran itu saja sudah menghabiskan akses mereka. Karena itu permohonan mereka bunga bank bisa mereka jangkau agar bisnis mereka berjalan dan tidak hanya untuk mengangsur saja.

Konsumen juga mengeluhkan pasar yang seret karena kondisi secara umum yang memang masih belum stabil. Harus dicari terobosan untuk membuka pasar baru yang lebih memacu geliat perekonomian.

Sumanto dalam kesempatan itu menyarankan untuk kalangan pelaku bisnis agar memanfaatkan kemajuan teknologi yang ada. Termasuk memanfaatkan sistem pemasaran online yang lebih mudah menjangkau konsumen di era digital ini.(Joko DH)

 

Tinggalkan Pesan