abah-ali-pilwakot-solo
BIMTEK KPU : Tim pememangan Pasangan Alam mengikuti kegiatan bimtek di kantor KPU Surakarta, Rabu (29/1).(newsreal.id/Budi Santoso)

*Tim Pemenangan Guyup Rukun Langsung Hadiri Bimtek KPU

SOLO,newsreal.id – Pasangan Abah Ali dan Abah Amak atau disingkat Alam serius menapaki tahapan Pemilihan Wali Kota Wakil Wali Kota (Pilwakot) Solo 2020 dari jalur perseorangan.

Keseriusan dua pasangan ulama Solo itu terlihat dari kegiatan tim pemenangannya yang datang ke kantor KPU Kota Surakarta untuk mengikuti bimbingan teknis (bimtek) tentang pengurusan syarat-syarat administrasi dan dukungan.

Baca : Pilwakot Solo Gayeng, Muncul Nama Abah Ali Maju Lewat Jalur Independen

Salah satu Tim Pemenangan Guyub Rukun sebagai pengusung pasangan Alam, Agus Tunin Muhammad, dirinya diutus datang ke KPU untuk menanyakan teknis-teknis persyaratan administrasi pendaftaran calon perseorangan.

“Saya diutus datang ke KPU untuk mengikuti bimbingan teknis. Kegiatan ini merupakan bagian dari rencana pasangan Abah Ali dan Abah Amak maju ke pilkada dari jalur independen,” terang Agus, Rabu (29/1).

Dirinya datang ke kantor penyelenggara pemilu Kota Solo ini juga dalam rangka mendapatkan username dan password sistem informasi pencalonan pemilu (silon).

Baca : Jadi Kandidat Calon Bupati Sragen, Joko Suwoto Harus Mundur Dari ASN

Sementara itu KPU kota Surakarta Nurul Sutarti mengatakan, para pasangan perseorangan yang ingin maju dalam pilwakot mendatang harus memenuhi persyaratan untuk maju pilwalkot. Di antaranya adalah syarat dukungan 8,5 persen dari jumlah DPT Pemilu 2019. Serta syarat dukungan itu diunggah dalam silon sesuai jadwal yang sudah ditentukan.

“Kalau dihitung, mereka harus mendapatkan dukungan sedikitnya 35.870 KTP. Syarat dukungan diunggah melalui Silon dan harus diserahkan pada 19-23 Februari 2020,” terang Nurul.

Sampai dengan kemarin KPU telah menerima tiga tim yang datang ke kantor KPU untuk meminta username dan password SILON. Mereka adalah Tikus Pithi Hanoto Baris yang mengajukan pasangan Bagyo Wahyono-FX Supardjo, Hero yang mengajukan Miftah Alim Harpanto-Ronny Cahyanegara, serta Tiam Solo Guyub Rukun mengajukan Abah Ali-Gus Amak.

Baca : Khawatir Wabah, Tujuh Mahasiswa UNS di Xihua University Minta Dipulangkan

Sebelumnya balon cawali Abah Ali mengakui dirinya maju sebagai calon wali kotabukan karena kemauan dirinya.
“Saya maju di Pilwalkot Solo lewat jalur independen, karena merupakan hasil musyawarah dari para ulama, habib, tokoh masyarakat Solo memutuskan saya dan Gus Amak maju Pilwalkot Solo,” katanya. (red)

Tinggalkan Pesan