ppk-kabupaten-wonogiri
MENUNGGU : Para calon PPK menunggu di luar gedung usai mengerjakan tes tertulis di Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri (STABN) Raden Wijaya Wonogiri, Kamis (30/1). (newsreal.id/Khalid Yogi)

WONOGIRI,newsreal.id – Sebanyak 377 peserta mengikuti tes tertulis calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pemilihan Bupati (Pilbup) Wonogiri 2020 di Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri
(STABN) Raden Wijaya Wonogiri, Kamis (30/1). Para anggota PPK terlantik nantinya akan bertugas selama sembilan bulan, dengan gaji sekitar Rp 1.600.000-1.800.000 per bulan.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Wonogiri Toto Sihsetyo Adi mengatakan, calon peserta yang sebelumnya lolos seleksi administrasi sebenarnya ada 399 orang. Namun, 22 orang di antara mereka tidak bisa mengikuti tes terulis. “Secara otomatis, peserta yang tidak ikut tes tertulis dinyatakan gugur,” katanya.

Materi tes tertulis itu mengenai Pemilihan Umum (Pemilu), teknis Pemilu, hingga muatan lokal daerah setempat. “Nanti setiap kecamatan akan diambil sepuluh besar, kemudian diumumkan untuk dimintakan tanggapan dari masyarakat,” terangnya.

Selanjutnya, tes wawancara akan diadakan tanggal 8-10 Februari mendatang. Hasil seleksi wawancara diumumkan tanggal 15-21 Februari mendatang kemudian dimintakan tanggapan dari masyarakat. “Pengumuman anggota PPK terpilih dilaksanakan tanggal 26-28 Februari, sedangkan pelantikannya tanggal 29 Februari,” imbuhnya.

Setiap kecamatan akan ada lima orang PPK. Para anggota PPK terlantik akan bertugas selama sembilan bulan, mulai 1 Maret-30 November 2020. Rencananya, mereka akan digaji sekitar Rp 1.600.000-1.800.000 per bulan. “Setiap kecamatan sama (gajinya). Perbedaannya hanya antara ketua dan anggota,” ujarnya.

Di sisi lain, tahapan Pilbup Wonogiri sudah samai tahap pendaftaran calon perseorangan. “Sudah ada yang menyerahkan mandat untuk aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (Silon). Aplikasi itu nanti untuk mengentri syarat dukungan minimal data sebanyak 65.237 orang. (Khalid Yogi)

Tinggalkan Pesan