cegah-longsor-tanam-rumput-vetiver
CEGAH LONGSOR : Kalakhar BPBD Karanganyar Bambang Djatmiko (kanan) memperlihatkan rumput vetiver yang ditanam di wilayah rawan longsor, sebagai upaya untuk mengurangi pergerakan tanah. (newsreal.id/Irfan Salafudin)

*Setelah Diterapkan Di Wonogiri, Kini Giliran Karanganyar

KARANGANYAR,newsreal.id – Sejumlah lokasi rawan longsor di Karanganyar ditanami rumput vetiver, atau lebih dikenal dengan sebutan akar wangi, sebagai upaya untuk mencegah terjadinya bencana.

Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar Bambang Djatmiko mengatakan, rumput vetiver termasuk tanaman yang mudah didapat dan memiliki banyak manfaat untuk mencegah longsor.

Baca : Tim Medis UNS untuk Korban Longsor Bogor Diberangkatkan

“Tanaman ini berasal dari India. Panjang akarnya di dalam tanam mencapai 2 hingga 5 meter. Salah satu manfaat rumput vetiver ini bisa memperbaiki kualitas tanah dan air, sehingga bisa mencegah tanah longsor, banjir dan erosi,” katanya.

Di wilayah rawan longsor, tanaman akar wangi bisa ditanam di tebing-tebing tinggi di samping pemukiman penduduk, untuk mengurangi pergerakan tanah.
Lokasi yang menjadi sasaran penanaman rumput vetiver antara lain Dukuh Dederan di Desa Nglegok dan Dusun Potrojalu di Desa Girimulyo, di wilayah Kecamatan Ngargoyoso.

Kemudian Dukuh Guntur di Desa Menjing, Kecamatan Jenawi, serta Dusun Buntung di Desa Gerdu, Kecamatan Karangpandan.

Baca : BPBD Karanganyar Minta PVMBG Cek 3 Titik Rawan Longsor

Rumput vetiver juga mudah penanganannya. Karena seperti tanaman liar, maka tak ada perawatan khusus yang harus dilakukan. Hanya saat menanam, perlu diperhatikan jarak antar rumpunnya, agar tidak terlalu rapat.

Bambang mengatakan, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sudah menganjurkan penanaman akar wangi di lokasi rawan-rawan longsor. Imbauan serupa juga disampaikan Presiden RI Joko Widodo.

“Beberapa tahun lalu, BPBD Wonogiri sudah melakukannya. Sekarang, Karanganyar juga menerapkan,” tuturnya.

Dia menambahkan, BPBD akan melihat efektivitas akar wangi dalam mencegah longsor di wilayah yang sudah ditanami. Jika hasilnya bagus, maka akan ditanam di semua wilayah rawan longsor.

Baca : Korban Longsor di Desa Nglegok Tunggu Kepastian Relokasi

“Manfaat akar wangi untuk mencegah longsor ini masih perlu disosialisasikan lebih luas. Jika masyarakat banyak yang tahu manfaatnya, diharapkan nantinya penanaman rumput vetiver bisa dilakukan secara mandiri oleh masyarakat,” imbuhnya. (Irfan Salafudin) 

Tinggalkan Pesan