stikerisasi-pkh
FOTO ILUSTRASI

KARANGANYAR,newsreal.id – Sebanyak1.060 penerima bantuan PKH (Program Keluarga Harapan) Dinsos Karanganyar mengundurkan diri karena merasa sudah tidak masuk kriteria penerima manfaat dari program tersebut.

Penerima bantuan sembako senilai Rp 110.000 setiap bulan itu ada sebanyak 56.000-an lebih di Karanganyar pada tahun 2019. Dan kini tahun 2020 belum dilakukan pendataan lagi apakah posisi penerima bantuan yang mundur itu akan dikosongkan atau digantikan oleh yang belum menerima.

Waluyo Dwi Basuki, Kadinsos mengatakan, pihaknya menunggu pendataan itu untuk penerima manfaat PKH tersebut untuk 2020. Sementara ini masih memakai data lama tahun lalu untuk penerima KPH 2020 yang akan diberikan mulai awal Februari ini.

‘’Indeks bantuan juga ditambah, sekarang Rp 150.000 dengan perubahan banutuan telur dulu 8 biji sekarang menjadi 15 biji. Bantuan beras dulu 9 kilogram sekarang 10 kilogram sebulan dan untuk packaging yang dulu hanya Rp 4.000 sekarang Rp 6.000,’’ lata dia, kemarin.

Dikatakannya, ada 150-an e-warung yang melayani para penerima manfaat bantuan itu untuk mengambil bantuan, dan ada lebih dari 50-an agen yang memasok kebutuhan penyediaan sembako itu sehingga mudah bagi penerima manfaat untuk mengambil bantuannya.

Dikatakan, untuk penerimaan bulan Januari ini memang mundur dari jadwal karena menunggu instruksi dari pusat karena memang bantuan itu dari pemerintah pusat. Sehingga untuk Januari diberikan awal Februari dan untuk bulan Februari diberikan akhir bulan. Setelah lancar maka nanti tiap akhir bualan bantuan itu diberikan.

Waluyo Dwi Basuki mengatakan untuk pemberian telur model bijian itu dirasa memang lebih mudah daripada diberikan kiloan, karena akan mempersulit e-warung mengepak kiloan. Sebab menimbang telur pas sekilo justru lebih sulit daripada langsung bijian yang tidak  memasalahkan ukuran.

Bantuan itu untuk hidup sebulan dirasa sudah mencukupi dan keluarga penerima manfaat akan tercukupi dari sisi asupan gizi sehingga bisa hidup dengan baik untuk memenuhi gizi keluarga. Dia berharap keluarga bisa lebih baik kondisinya.(Joko DH)

Tinggalkan Pesan