Beranda BERITA REGIONAL Bandara Solo Gelar Simulasi, Antisipasi Virus Korona

Bandara Solo Gelar Simulasi, Antisipasi Virus Korona

0
Bandara Solo Gelar Simulasi, Antisipasi Virus Korona
SIMULASI : Simulasi mengatasi wabah virus korona di Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo, Jumat (7/2). (suaramerdekasolo.com/dok)

SOLO,suaramerdekasolo.com – PT Angkasa Pura (AP) I Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo mengadakan simulasi penanganan virus korona, Jumat (7/2).

Simulasi yang digelar di terminal kedatangan internasional dan diikuti sejumlah karyawan bandara itu, hasil kerja sama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) wilayah Adi Soemarmo serta Kantor Imigrasi Kelas I TPI Surakarta.

Menurut General Manager (GM) PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Adi Soemarmo Abdullah Usman, pada prinsipnya simulasi itu dilakukan untuk menguji kesiapan masing masing instansi, baik dari Angkasa Pura, KKP dan Imigrasi, terkait prosedur penanganan serta fasilitas yang diperlukan.

Baca : Wouw, Korban Meninggal Akibat Terjangkit Virus Corona Capai 24.589 Oarang ?

“Terlebih bandara merupakan pintu masuk para penumpang atau pendatang dari berbagai wilayah. Sebagai bandara yang melayani penerbangan dengan rute internasional, maka kami semua harus siap,” tambahnya.

Skenario simulasi dimulai dari turunnya penumpang pesawat udara, dilanjutkan dengan pemeriksaan suhu tubuh melalui termal scanner milik KKP. Kemudian pengecekan paspor dari pihak Imigrasi guna mengetahui rekam jejak perjalanan penumpang yang disinyalir terindikasi virus korona. Selanjutnya ditindaklanjuti sesuai SOP yang berlaku.

Baca : Airbus 330-300CEO Registrasi PK-LDY Batik Air “Misi Kemanusiaan” Telah Menjalani Proses Sterilisasi

Kepala KKP wilayah Adi Soemarmo, Arqu Amin menegaskan, simulasi dirancang sesuai kondisi dan kemungkinan yang bisa terjadi di bandara Adi Soemarmo dalam menghadapi pendemi novel coronavirus.

Simulasi digelar sesuai surat edaran Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara perihal pengawasan untuk mencegah masuknya wabah pneumoni berat melalui bandar udara internasional yang perlu diperketat.

Dari simulasi itu, PT Angkasa Pura I (Persero), KKP, serta Imigrasi menyatakan siap bila sewaktu-waktu perlu memberi penanganan pada penumpang datang yang terindikasi wabah tersebut.(Vladimir Langgeng)

Baca : Gotong Kambing dan Curi Motor Ditangkap, Pencuri Berdalih Tak Miliki Duit

Editor : Budi Sarmun

Tinggalkan Pesan