harga-bawang-karanganyar
NAIK : Harga bawang putih di Pasar Jungke, Karanganyar, naik selama sepekan terakhir. (newsreal.id/Irfan Salafudin)

KARANGANYAR, newsreal.id -Penghentian sementara impor bawang putih dari China, imbas dari terjadinya wabah virus corona, mulai berdampak pada harga komoditas tersebut di pasar lokal.

Di Karanganyar, selama sepekan terakhir, harga bawang putih merangkak naik. Terakhir, harga bawang putih jenis kating di pasar lokal Karanganyar mencapai rata-rata Rp 58 ribu per kg. Sedangkan yang jenis honan rata-rata harganya Rp 50.750 per kg.

Harga tersebut berdasarkan survei di lima pasar tradisional, yakni Pasar Jungke, Pasar Tawangmangu, Pasar Jambangan, Pasar Jatipuro dan Pasar Palur.

Staf Pelaksana Bagian Perekonomian Setda Karanganyar Wibowo mengatakan, penghentian impor itu salah satu penyebab naiknya harga. “Selama awal Februari ini, kenaikan harga terjadi hampir tiap hari,” katanya, kemarin.

Dari laporan yang diterima Bagian Perekonomian dari Disperindagkop UKM, pada 3 Februari, harga bawang putih kating masih di angka Rp 52.400 per kg, sementara yang honan Rp 43.250 per kg.

Sehari kemudian, harga jenis kating naik menjadi Rp 56.600 per kg dan honan Rp 49.500 per kg. Lalu pada 5 Februari, harganya kembali naik menjadi Rp 57.800 per kg untuk jenis kating dan Rp 49.750 per kg untuk jenis honan.

Menurut Wibowo, ada banyak faktor yang membuat harga bawang putih naik. Selain karena faktor cuaca, juga karena faktor lain. “Adanya wabah virus corona itu berpengaruh juga. Apalagi, sebagian besar bawang putih yang beredar di pasar itu impor,” imbuhnya.

Sementara itu, pantauan di Pasar Jungke, sejumlah pedagang mengaku kenaikan harga bawang putih sudah terjadi selama sepekan terakhir.

“Naiknya sedikit-sedikit. Karena saya kulakannya naik, ya harga jualnya ikut naik,” kata Pariyem, salah satu pedagang.

Meski demikian, dia tidak mengurangi stok barang. “Sehari, biasanya saya stok sampai 20 kg. Ya itu, tidak dikurangi. Karena konsumen tetap banyak yang mencari,” katanya.  

Hal senada disampaikan Satini. Dia mengaku, harga bawang putih jenis kating di lapaknya dijual Rp 56 ribu per kg. Sedangkan jika sudah dikupas, dijual Rp 60 ribu per kg.

“Karena harganya naik, konsumen belinya juga tidak sebanyak biasanya. Nggak tahu, kok harganya sepekan terakhir ini naik terus,” ujarnya. (Irfan Salafudin) 

Tinggalkan Pesan