indaco-covid-19
HERITAGE : Presiden Direktur PT Indaco Warna Dunia Iwan Adranacus (kanan) menerima lukisan gedung Rutan pascadipoles Seniman Cat Indaco dari Kepala Rutan Kelas I Surakarta Soleh Joko Sutopo (kiri), di acara simbolis penyerahan hasil pengecatan bangunan, Jumat (8/5). (newsreal.id/Irfan Salafudin)

SOLO,newsreal.id – Perusahaan cat PT Indaco Warna Dunia (Indaco) siap mendukung program pemolesan bangunan heritage di wilayah Solo Raya, agar keberadaan bangunan memberikan nilai artistik bagi wajah kota.

Hal itu disampaikan Presiden Direktur Indaco Iwan Adranacus, di sela acara simbolis penyerahan hasil pengecatan bangunan Rutan Kelas I Surakarta kepada Kepala Rutan Soleh Joko Sutopo, Jumat (8/5).

Bagian depan bangunan heritage tersebut dipoles oleh Seniman Cat Indaco, hingga tampilannya kini terlihat fresh dan artistik. Mengusung gaya kolonial, sesuai konsep awal bangunan, tampilan luar gedung di tepi Jalan Slamet Riyadi kini terlihat instagramable.

Iwan mengungkapkan, Indaco membuka diri bagi pihak-pihak yang ingin menggandeng dalam program mempercantik bangunan heritage, maupun bangunan yang menjadi landmark sebuah wilayah.

“Seperti di Rutan, kami merasa bangunan ini mempunyai nilai lebih bagi tampilan kota. Makanya kami sambut ajakan untuk bersinergi, dalam upaya mempercantik lingkungan Kota Solo,” tuturnya.

Dikatakannya, pemolesan gedung Rutan merupakan bagian dari program coorporate social responsibility (CSR) dari Indaco.

“Kami siap membantu, jika ada program serupa, yang akan memberikan dampak positif ke masyarakat. Kami berharap, dari apa yang telah dilakukan Seniman Cat Indaco di Rutan, bisa membawa nilai edukasi tentang pentingnya menjaga bangunan heritage. Mempertahankan keberadaannya, untuk mempercantik lingkungan kota,” imbuhnya.

Kepala Rutan Kelas I Surakarta Soleh Joko Sutopo mengatakan, penataan bagian depan bangunan bertujuan mengikis kesan seram dan menggantinya dengan tampilan yang memberikan aura positif.

“Penataan ini bagian dari pelayanan kepada masyarakat. Sebagai salah satu upaya dalam membangun zona integritas, menuju wilayah bebas korupsi dan birokrasi yang bersih dan melayani. Dengan terobosan ini, kami berharap masyarakat mendapat pelayanan yang lebih baik dan nyaman,” katanya.

Dengan tampilan baru yang lebih fresh dan instagramable, serta menonjolkan kesan vintage, dia mempersilakan jika masyarakat ingin berswafoto di depan gedung Rutan.

“Silakan. Hanya saja, jaga etika, jaga kebersihan. Apalagi ini sedang musim corona, tetap perhatikan jaga jarak, jaga kebersihan,” imbuhnya. (Irfan Salafudin) 


Tinggalkan Pesan