nasi-bungkus-warga-griya-mukti
NASI BUNGKUS – Warga Griya Mukti membagikan nasi bungkus untuk warga yang ada di jalan. (newsreal.id/Joko DH)

KARANGANYAR,newsreal.id – Solidaritas warga Perumahan Griya Mukti tergerak imbauan Bupati Karanganyar untuk peduli warga terdampak corona. Mereka menghimpun dana yang diwujudkan nasi bungkus yang terhimpun sekitar 1.000 bungkus nasi dengan lauk yang layak dan dibagikan kepada warga setiap Minggu sore.

Fauzan Ahmadi dan Eko Wahyudi, warga setempat yang berinisiatif mengumpilkan dana saat itu mengatakan, awalnya keduanya ingin menghimpun takjil puasa yang dibagikan jamaah masjid.

‘’Tapi karena corona, warga tidak boleh berkumpul sehingga banyak orang yang ingin beramal membagi takjil tidak bisa. Akhirnya kami bergerak, daripada amal warga hilang percuma, bagaimana jika dana tetap dikumpulkan dan kami yang berkeliling membagikan ke yang berhak,’’ katanya, Minggu petang.

Akhirnya semua setuju dan menyumbangkan uangnya, atau bisa langsung nasi bungkus, dengan syarat lauknya yang lumayan enak, sehingga yang menerima pun senang memakan nasi bungkus itu. Dan nasi kita bagikan pada tukang becak, pemulung, pengemis di pinggir jalan, yang memang mereka kesusahan untuk makan. Termasuk penghuni pondok pesantren untuk takjil.

Di luar dugaan terkumpul dana lumayan banyak, termasuk yang menyumbang nasi bungkus yang mencapai ratusan. Kalau ditotal sekitar 1.000-an nasi bungkus yang dibagikan setiap minggu sore sejak 3 Mei, 10 Mei, dan 17 Mei nanti. Masing-masing sekitar 300 – 350 bungkus sekali membagi.

‘’Kebetulan warga perumahan kecil itu ada pengusaha kayu taji Achirul Zuhro, ada mantan Wakil Rektor UNS Prof DR Darsono, ada sekjur IPWK DR Istijabatul Aliyah, dan sebagainya yang memang cukup ringan tangan membantu.

Sehingga jadilah kegiatan amal di bulan Ramadhan untuk meringankan warga terdampak korona yang semakin hari makin banyak. Ini selaras dengan himbauan pemerintah untuk melihat tetangga kanan kiri dan lingkungan lainnya untuk menguatkan pagar mangkok sehingga semua tidak idibebankan pemerintah untuk mengatasi dampak korona.

Ternyata mereka yang menerima sangat senang, apalagi mereka menerima nasi bungkus yang lumayan enak lauknya serta sebotol air mineral untuk teman bersantap.(Joko DH)

Tinggalkan Pesan