bantuan-seniman-boyolali
MENATA BARANG: Relawan menata sembako yang akan dibagikan kepada seniman dan warga terdampak Covid-19. (newsreal.id/DOK)

BOYOLALI,newsreal.id– Upaya pemberantasan Covid-19 dilakukan Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Cabang Boyolali. Mereka menggelar pentas climen guna menggalang dana.

Ki Dalang, Ki Gondo Wartoyo menjelaskan saat ini pihaknya sudah menggelar pentas dua kali. Pentas diiringi dua pengrawit yang memainkan kendang dan organ tunggal. Pentas lalu diunggah lewat youtube dan facebook.

Pentas sederhana tersebut melibatkan dua pengrawit membawa kendang dan organ. “Kegiatan ini tak lepas dari peran serta dan dukungan Ketua DPRD Boyolali, S Paryanto,” ujar dalang asal Dukuh BUlu, Desa Tegalgiri, Kecamatan Nogosari ini.

Dijelaskan, pentas dilakukan dalam waktu 2,5 jam. Pentas lalu diunggah lewat youtube dan facebook. Saat itulah diselingi dengan ajakan untuk menggalang dana guna mengatasi dampak wabah Covid-19.

Pentas pertama berhasil menggalang dana sebesar Rp 12,5 juta. Kemudian pada pentas kedua, masuk donasi sebesar sebesar Rp 11,5 juta sehingga total ada Rp 24 juta. Dana yang masuk lalu dibelikan sembako dan dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Disela persiapan pentas ketiga, ada lagi donasi masuk hingga total sebesar Rp 39 juta.”

Selain kepada panti asuhan dan warga tak mampu, bantuan juga sembako juga diberikan kepada para seniman. Bahkan, pihaknya juga membantu sejumlah dalang berupa sembako dan bantuan uang tunai sebesar Rp 150 ribu- Rp 200 ribu/ orang.

“Dalang dan pengrawit di Soloraya jumlahnya sangat banyak. Dan mereka tak dapat pemasukan karena tak ada pentas dampak Covid-19.”

Dirinya, tidak mengurusi langsung dan yang masuk karena sudah ada tim sendiri. Uniknya, bagi donatur yang beruntung disediakan hadiah sesosok atau tokoh wayang kulit. Total sebanyak 15 tokoh wayang kulit disiapkan sebagai hadiah bagi donatur yang beruntung.

Ditanya awal munculnya ide tersebut, dia mengaku awalnya sering melakukan pentas live streaming. Llau dirinya mendapat masukan teman- teman seniman. Yaitu, bagaimana menggalang dana dengan cara murah.

“Padahal saat ini mengumpulkan orang kan tidak diperbolehkan. Hingga kemudian muncullah cara ini.”

Terpisah, Ketua DPRD Boyolali, S Paryanto mengapresiasi upaya yang dilakukan Pepadi. “Saya salut dengan upaya yang dilakukan Pepadi ini. Kami berharap semakin banyak masyarakat yang peduli membantu dana untuk mengatasi dampak Covid-19,” tegasnya. (Joko Murdowo)

Tinggalkan Pesan