bantuan-sekabel-tstj-solo
SERAHKAN BANTUAN : Ketua Umum Sekabel Indonesia, Setyo Wisnu Broto (kiri), menyerahkan bantuan secara simbolis kepada Wakil Wali Kota (Wawali) Surakarta Achmad Purnomo di Balai Kota, Selasa (19/5). (newsreal.id/Agustinus Ariawan)

*Bantu sebesar Rp 50 juta Bagi Pelestarian Satwa

SOLO,newsreal.id – Pandemi virus korona (Covid-19) yang berdampak terhadap fauna koleksi Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ), mendorong anggota Sedulur Kayu dan Mebel (Sekabel) Indonesia memberikan bantuan sebesar Rp 50 juta bagi pelestarian satwa-satwa tersebut.

Bantuan itu diserahkan Ketua Umum Sekabel Indonesia Setyo Wisnu Broto kepada Wakil Wali Kota (Wawali) Surakarta Achmad Purnomo di Balai Kota, Selasa (19/5).

“Pandemi ini ternyata tidak hanya berpengaruh terhadap manusia, melainkan juga satwa di kebun binatang TSTJ,” kata Wisnu, usai seremoni penyerahan donasi.

Karena itu usai mengetahui informasi mengenai kesulitan yang dialami manajemen dalam melestarikan satwa TSTJ, anggota Sekabel Indonesia memutuskan untuk menggalang donasi.

“Bantuan ini merupakan hasil penggalangan anggota Sekabel Indonesia, yang berhasil dikumpulkan dalam waktu singkat serta masih berjalan sampai saat ini. Sebenarnya terkumpul Rp 200 juta, namun sebagian diwujudkan dalam bentuk sembako bagi masyarakat yang membutuhkan serta alat pelindung diri (APD).”

Untuk bantuan sembako, Wisnu mengatakan jika Sekabel Indonesia telah menyediakan 500 paket. Distribusi bantuan itu dilakukan Sekabel Indonesia dengan melibatkan Korem 074/Warastratama.

“Kami butuh data valid, sehingga Korem dan jajarannya kami gandeng agar bantuan bisa disalurkan kepada penerima yang benar-benar membutuhkan,” tegas Wisnu.

Danrem 074/Warastratama Brigjen TNI Rafael Granada Baay menambahkan, dalam kesempata itu pihaknya turut menyumbang 200 pelindung wajah (face shield) kepada Pemkot.

“Face shiled tersebut merupakan produksi anggota kami. Bantuan diserahkan kepada Gugur Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Surakarta, karena mereka yang lebih memahami kebutuhan APD bagi tenaga medis di rumah sakit,” jelas dia.

Wawali Achmad Purnomo mengapresiaasi bantuan tersebut.

“Semoga bantuan-bantuan ini ikut memicu kepedulian dari pihak lain,” harap dia. (Agustinus Ariawan)

Tinggalkan Pesan