jaga-jarak-boyolali
PASANG LEAFLET: Petugas Satpol PP Boyolali memasang leaflet berisi imbauan jaga jarak di sebuah warung makan. (newsreal.id/Joko Murdowo)

BOYOLALI,newsreal.id – Satpol PP Boyolali menggelar sosialisasi dan monitoring pembatasan kerumunan massa di pusat perbelanjaan hingga pedagang kaki lima (PKL) di Boyolali Kota. Hal ini menyusul meningkatnya aktivitas pengunjung menjelang lebaran.

Puluhan personil Satpol PP juga memasang leaflet berisi himbauan physical distancing (jaga jarak) dan sosial distancing, agar terhindar dari penyebaran Covid-19. Pengunjung juga diingatkan agar menggunakan masker.

“Pengelola pusat perbelanjaan kami minta menerapkan pembatasan jumlah pengunjung yang masuk dan keluar,” ujar Kasi Penindakan Satpol PP Boyolali, Tri Joko Mulyono, Kamis (21/5).

Demikian halnya, pengunjung yang sudah berada di dalam pusat perbelanjaan juga diminta untuk menerapkan physical distancing dan sosial distancing agar masing masing terhindar dari wabah Corona atau Covid-19.

Pihaknya juga meminta pengusaha untuk meningkatkan kedisipinan penyediaan protokol kesehatan diantaranya penerapan physical distancing (jaga jarak), sosial distancing dan penyediaan hand sanitizer .

“Bagi pengusaha yang belum melaksanakan, kami berikan teguran dan langsung diminta menandatangani surat pernyataan.”

Tak hanya itu saja, pengelola pusat perbelanjaan dan toko modern juga diminta menyediakan tempat antrean pengunjung. Mereka yang masih dalam antrean, diminta bersabar menunggu di luar pusat perbelanjaan.

“Pengaturan pengunjung masuk dan keluar sangat penting, termasuk antrean di depan kasir agar tidak berhimpitan.”

Berdasarkan hasil monitoring, pihaknya mengakui masih banyak ditemui pelanggaran kedisiplinan. Utamanya, pengunjung tidak mengenakan masker hingga masih banyaknya kerumunan massa yang berbelanja.

Bahkan, petugas terpaksa membubarkan kerumunan massa yang mengantre masuk swalayan. Mereka berkerumun di warung makan dan sejumlah PKL di sekitarnya. Kondisi ini dinilai rentan penularan Covid-19.

“Bagian informasi pusat perbelanjaan diminta agar selalu mengingatkan pengunjung terkait protokol kesehatan.”

Disela kegiatan tersebut, puluhan warga yang tidak mengenakan masker sempat didata. Petugas lalu membagikan masker yang harus dipakai pada saat itu juga. Masker harus dikenakan setiap kali keluar rumah. (Joko Murdowo)

Tinggalkan Pesan