BPJS-Ketenagakerjaan-Cabang-Surakarta
SERAHKAN BANTUAN : Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surakarta, Rudy Yunarto menyerahkan bantuan berupa masker dan multivitamin pada pekerja di kantor setempat, Rabu (3/6). (suaramerdekaolo.com/Vladimir Langgeng)

SOLO,newsreal.id – BPJS Ketenagakerjaan atau BPJAMSOSTEK terus berperan dalam menekan penyebaran virus Covid-19 di masyarakat. Antara lain dengan membagikan bantuan berupa APD untuk tenaga medis serta masker dan multivitamin untuk para pekerja.

Menurut Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surakarta, Rudy Yunarto, pembagian APD bagi tenaga medis serta masker dan multivitamin bagi para pekerja itu merupakan rangkaian kegiatan promotif dan preventif BPJAMSOSTEK di tahun 2020.

Sebelumnya di bulan Ramadan, badan penyelenggara jaminan sosial kesehatan itu memberikan bantuan sembako kepada pekerja/buruh yang terkena PHK atau dirumahkan.

“Hari ini kami menyerahkan APD bagi tenaga medis yang merawat pasien Covid-19 di sejumlah rumah sakit rujukan Covid-19 di Surakarta dan APD berupa masker nonmedis untuk pekerja peserta BPJAMSOSTEK agar terlindungi dari penularan covid-19 serta memberikan multivitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Dengan harapan meningkatkan immunitas tubuh pekerja sehingga tidak mudah terpapar Covid-19,” kata dia, di sela penyerahan bantuan, Rabu (3/6)

“Kegiatan promotif dan preventif ini merupakan salah satu upaya BPJAMSOSTEK untuk membantu pemerintah dalam penanggulangan penyebaran Covid-19.

Kegiatan promotif dan preventif 2020 selanjutnya adalah pelatihan ahli K3, pembagian poster keselamatan dan kesehatan kerja (K3), APD pekerja jasa konstruksi, serta APD pengendara motor,” tambahnya.

Rudy mengatatkan, bantuan tersebut dibagikan untuk wilayah Jawa Tengah, yakni sebanyak 597 set APD untuk 63 Pusat Layanan Kecelakaan Kerja (PLKK), 54.000 masker untuk pekerja di 172 perusahaan, 34.800 tablet multivitamin untuk 63 perusahaan, 94 poster K3 beserta bingkai acrylic untuk 82 perusahaan, 430 buah APD helm motor dan APD Jasa Konstruksi sebanyak 132 set, serta pelatihan ahli K3 umum untuk 11 orang pekerja.

Untuk wilayah Soloraya, lanjut dia, BPJAMSOSTEK membagikan 20 poster K3 dengan bingkai acrylic untuk 10 perusahaan, 7.000 masker untuk pekerja di 10 perusahaan, 3.700 tablet multivitamin untuk pekerja di tiga perusahaan, serta 137 set APD untuk tenaga medis di 16 rumah sakit kerjasama PLKK.

Untuk kriteria perusahaan penerima, kata dia, adalah perusahaan yang tertib administrasi kepesertaan dan tidak menunggak iuran, menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan dengan kepesertaan paling singkat tiga tahun, tidak termasuk pemberi kerja daftar sebagian tenaga kerja dan program.

Dan pemberian APD bagi tenaga medis diserahkan pada rumah sakit pusat layanan kecelakaan kerja yang juga rumah sakit rujukan penanganan Covid-19. (Vladimir Langgeng)

Tinggalkan Pesan