kampung-siaga-boyolali
KAMPUNG SIAGA: Kapolres Boyolali AKBP Rachmad Nur Hidayat mencanangkan Kampung Siaga Covid-19. (newsreal.id/dok)

BOYOLALI,newsreal.id – Upaya memerangi Covid-19 di Boyolali terus dilakukan. Salah satunya melalui pencanangan Kampung Siaga Covid-19.

Di wilayah Kabupaten Boyolali, pencanangan tersebut dilakukan Kapolres Boyolali AKBP Rachmad Nur Hidayat di Kampung Butuh , Kelurahan/Kecamatan Mojosongo belum lama ini. Kampung Siaga Covid 19 adalah kerjasama Polres Boyolali dengan masyarakat dalam penanganan Covid- 19.

Tujuannya sebagai representasi kepedulian dan partisipasi masyarakat dalam penanganan serta pengendalian persebaran Covid- 19. Dengan terbentuknya kampung siaga tersebut masyarakat mempunyai kesadaran dan berperan aktif dalam mencegah Covid- 19.

Yaitu, dengan menerapkan himbauan pemerintah untuk tinggal di rumah, physical distancing, social distancing dan mentaati protokol kesehatan. Selain itu juga diharapkan berpartisipasi dengan gugus tugas dalam memantau warga berkaitan dengan pandemi Covid 19.

“Tidak lupa juga tentunya mempunyai rasa empati dan jiwa sosial serta sadar hukum terhadap korban Covid- 19,” ujar Kapolres.

Pada kesempatan itu juga diberikan bantuan alat pencuci tangan 5 unit, APD 2 set , masker 100 buah , hand sanitizer 10 liter dan paket sembako 25 paket. Selain tempat tersebut juga dicanangkan 4 Kampung Siaga lainnya.

“Yaitu Kampung Ngadirejo dan kampung Mulyo Rejo wilayah Mojosongo, dua kampung lagi yaitu Kampung Gudang dan Kampung Dawung di wilayah Kecamatan Boyolali Kota.”

Pencanangan Kampung Siaga ini, lanjut dia, bukti bahwa masyarakat mempunyai kesadaran untuk mencegah dan mengendalikan persebaran Covid- 19.

“Harapannya, pencanangan di Kampung Butuh ini akan diikuti oleh kampung – kampung lain untuk bersama- sama mencegah dan mengendalikan pandemi Covid- 19.”

Pencanangan tersebut mendapat apresiai Pemkab Boyolali. Wabup M Said HIdayat mengungkapkan, pihaknya

menyambut baik dan mendukung pendirian Kampung Siaga Covid-19 yang didirikan oleh Polda Jawa Tengah.

Diharapkan keberadaannya mampu memberikan edukasi dan pemahaman kepada masyarakat hingga di tingkat terbawah dalam upaya mencegah dan menekan penyebaran pandemi Covid-19. Juga mendukung kebijakan Pemerintah Indonesia terkait hal tersebut.

“Kami menyambut baik pendirian Kampung Siaga Covid-19 yang didirikan Polda Jawa Tengah. Partisipasi semua pihak termasuk masyarakat sangat berguna dalam menanggulangi Covid-19 ini.” (*)

Tinggalkan Pesan