kerjsama-uniba-polresta-surakarta
KERJASAMA: Kapolresta Kombes Pol Andy Rifai di menandatangani MoU kerjasama dengan Uniba Surakarta yang diwakili oleh Rektor Dr Pramono Hadi yang digelar di Mapolresta, Kamis (4/6).

SOLO,newsreal.id -Polresta Surakarta dan Universitas Islam Batik (Uniba)  Surakarta menjalin kerjasama terkait survei indeks tata kelola dan pelayanan publik. 

“Bekerjasama dengan Uniba Surakarta,  Polresta ingin melihat survei, masukan dan penilaian dari masyarakat terkait berbagai upaya peningkatan pelayanan yang telah kami lakukan, ” kata Kapolresta Kombes Pol Andy Rifai di sela-sela penandatanganan kerjasama yang digelar di Mapolresta,  Kamis (4/6).

Dikemukakan,  survei tersebut meliputi indeks tata kelola online dan survei kepuasan konsumen atas layanan piblik Polresta.  Survei tersebut meliputi tujuh unit di jajaran Polresta yakni Unit SIM,  BPKB,  Lakalantas, SPKT,  SKCK,  Tahtj dan Samsat. 

Dikemukakan,  jajaran Polresta telah berupaya melakukan peningkatan kualitas pelayanan,  kualitas SDM,  memperbaiki pola pelayanan, adanya komitmen pimpinan hingga pelaksana di bawah  melalui pakta integritas dan berbagai inovasi lainnya.  

Baca : Uniba Surakarta Wisuda 435 Lulusan

Adapun beberapa inovasi yang dilakukan,  yakni pelayanan SKCK online yang mampu memperpendek waktu yang dibutuhkan masyarakat untuk memperoleh surat keterangan tersebut. 

“Dulu masyarakat paling cepat membutihkan waktu 30 menit untuk memperolehnya. Sekarang diangkas jauh lebih cepat karena dari rumah masyarakat sudah bisa mendaftar secara online. Setelah di Polresta tinggal menunjukkan kode pelayanan online dan langsung diproses, ” papar Kapolresta. 

Inovasi lainnya yakni adanya drive tru untuk layanan perpanjangan SIM dan SKCK. Dengan adanya layanan tersebut,  masyarakat hanya butuh waktu paling lama lima menit untuk perpanjangan.

Baca : Uniba Gandeng UTeM Malaysia, Manfaatkan Teknologi Internet

Juga untuk layanan Call center unit reaksi cepat Sitole atau sistem informasi layanan elektronik yang secara cepat menerima pengaduan dari masyarakat maupun web Siolos. 

“Sejauh ini respons dan dukungan masyarakat sangat luar biasa. Kami berupaya terus memperbaiki pelayanan supaya lebih baik dan tolok ukur kepuasan masyarakat bisa lebih akurat dengan survei yang dilakukan Uniba, ” kata Kapolresta. 

Kerjasama tersebut  ditandatangani oleh Kapolresta Surakarta Kombes Pol Andy Rifai dan Rektor Uniba Dr Pramono Hadi. Rektor Uniba Dr Pramono Hadi mengemukakan masyarakat berhak tahu tentang tugas Polri dan apa saja yang sudah dilakukan, kaitannya dengan pelayanan.

“Dari hasil survey nanti akan terlihat bagaimana pelayanan publik baik itu SIM, SKCK dan unit-unit lainnya di Polresta Surakarta, apakah sudah sesuai SOP atau belum. Kuisioner sudah kami siapkan, karena untuk masa pandemi ini tidak mungkin kita satu persatu datang ke masyarakat untuk bertanya,” ujar Rektor.

Baca : Mahasiswa Uniba Ikut Kembangkan Taman Kali Baki

Tahap awal, pihaknya akan menggali informasi dari mitra. Survey tersebut dalam waktu tidak lama akan selesai dan sudah ada outputnya.

“Hasilnya baik, atau tidak kami akan terbuka karena tidak ada tekanan dari pihak manapun termasuk Polresta. Kalau baik kami sampaikan baik kalau tidak baik yang kami sampaikan  apa adanya.” (*)

Tinggalkan Pesan