pesawat-pengangkut-haji-rusak
FOTO ILUSTRASI

SRAGEN,newsreal.id – Kantor Kementerian Agama (Kanmenag) Sragen memanfaatkan daring dan media sosial untuk memberikan pemberitahuan terkait dibatalkannya keberangkatan ibadah haji tahun ini.

Sebanyak 1.210 calon jemaah haji (CJH) dari Kabupaten Sragen dipastikan gagal berangkat pada tahun ini.

Dari jumlah itu, 1.131 orang sudah melunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) pada tahap pertama ditambah 78 yang melunasi tahap kedua serta satu orang mutasi dari luar daerah.

Kepala Kanmenag Hanif Hanani mengatakan, pihaknya akan melakukan pemberitahuan resmi kepada para CJH mulai Kamis (4/6) hari ini.

“Kami akan memanfaatkan daring dan media sosial untuk memberitahukan kepada para calon jamaah, bila tahun ini tidak ada keberangkatan ibadah haji,” kata Hanif tatkala ditemui Jumat (5/6).

Sebenarnya, pihaknya ingin mengumpulkan mereka, namun karena untuk tatap muka tidak mungkin, maka pihaknya memanfaatkan daring dan medsos. Apalagi pihaknya sudah memiliki nama dan nomor kontak para calon jamaah.

Sebelum adanya keputusan tidak adanya pemberangkatan ibadah haji tahun ini, tidak ada calon jemaah yang bertanya langsung kepadanya.

Bisa jadi karena mereka mengikuti berbagai pemberitaan yang ada dan bisa memakluminya. Apalagi saat ini suasanya masih pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid 19) atau virus corona.

Dengan dibatalkannya ibadah haji tahun ini, maka para CJH yang seharusnya berangkat tahun ini maka keberangkatannya mundur pada 2021.

“Kalau tahun ini mundur maka yang lainnya jadwalnya juga ikut mundur setahun,” tegas Hanif.(Basuni Hariwoto)

Tinggalkan Pesan