lukisan-penjual-jamu2
LUKISAN MISTIS : Pelukis Ki Djoko Sutedjo menunjukkan karyanya lukisan bakul jamu yang dipercaya memiliki kekuatan mistis di kediamanya beberapa waktu lalu. (newsreal.id/dok)

SETELAH puluhan tahun berpindah-pindah tangan dan pemilik dari berbagai kota. Kini lukisan bakul jamu kembali ke empunya. Adalah Ki Djoko Sutedjo, seniman asal Dukuh Pelang, Desa Bade, Kecamatan Klego Boyolali sang pelukis menyampaikan hal tersebut.
Kepada Suara Merdeka, Ki Djoko menuturkan, lukisan bakul jamu yang dibuatnya sebelum masa reformasi itu dipercaya memiliki kekuatan magis.

Dari sejumlah kolektor yang pernah memajang lukisan tersebut, mengaku ada sebuah kekuatan yang menyebabkan objek lukisan berupa mata bakul jamu bisa berkedip, dan bibirnya bisa tersenyum.

“Di sanggar saya ternyata sudah ada empat orang yang mengatakan lukisan bakul jamu tersebut ada yang menunggui katanya. Percaya atau tidak tidak Allah-lah yang tahu. Sekarang mulai tahun 2016 sudah kembali lagi di desa tempat kelahirannya,” kata Ki Djoko belum lama ini.

Baca : Ki Djoko Lelang Lukisan Bantu Masyarakat terdampak Covid-19

Beberapa waktu lalu, Ki Djoko mendapatkan laporan, ada kejadian aneh lagi saat lukisan itu dipajang di salah satu rumah kolektor.
Bahkan, si pemberi informasi itu mengatakan, setiap ada tamu datang lukisan bakul jamu tersebut bisa senyum dan matanya bisa berkedip-kedip sendiri.

“Nah, setelah kejadian itu lukisan saya kemudian diberikan kepada Haji Sumardi di Jakarta. Entah kenapa lukisan ini kemudian diberikan kepada orang lain lagi katanya sama juga bisa senyum sendiri,” ungkap warga asli Klego ini.

Ki Djoko melanjutkan, saat dimiliki oleh Haji Sumardi itulah, akhirnya yang bersangkutan menelepon dirinya. Jikalau diberikan orang lagi, lebih baik lukisannya di pulangkan lagi saja ke tempat asalnya.

Baca : Ki Djoko Pameran Tunggal Tasyakuran Selamatan Pemilu 2019

“Ya, setelah itu, lukisan bakul jamu ini kembali ke saya dan saya tukar dengan lukisan baru,” imbuhnya.

lukisan-penjual-jamu1


Lebih lanjut Ki Djoko menceritakan, lukisan bakul jamu sudah ada 24 tahun lalu, sampai sekarang. Lukisan tersebut saat ada di sanggar seni rupa ki Djoko di dukuh Pelang, Desa Bade, Klego, Boyolali. Bagi yang ingin melihat kondisi lukisan bisa mampir ke sanggarnya.

Baca : Kidung Doa Ala Seniman Jelang Pelantikan Presiden Baru

Ki Djoko mengatakan, lukisan bakul jamu ini dikerjakan pada 1996 di sanggarnya Paku Budaya di kawasan Jalan Soekarno-hatta, Semarang.

Pada waktu itu memang ia masih menetap di semarang. Pada tahun yang sama dipamerkan di Pura Mangkunegaran Solo dalam rangka memeriahkan gelar budaya yang diselenggarakan oleh Begug Poernomo Sidi, mantan bupati wonogiri waktu itu. Setelah pameran lukisan bakul jamu dibeli oleh H Suyoto asalKlego, selang beberapa tahun kemudian lukisan diberikan kepada Haji Sulistyo Jakarta. (Budi Santoso)

Editor

Tinggalkan Pesan