covid-19-boyolali
PENJELASAN: Kepala Dinkes Boyolali, Ratri S Survivalina memberikan penjelsan terkait pasien Covid-19 di Boyolali. (newsreal.id/Joko Murdowo)

BOYOLALI,newsreal.id – Menjelang penerapan New Normal, jumlah penderita Covid-19 di Boyolali justru meningkat. Hingga kini jumlah penderita tercatat sebanyak 33 orang dan 16 diantaranya sudah dinyatakan sembuh.

“Untuk itu, kami mengingatkan masyarakat agar tidak kendor menjaga kesehatan diri,” ujar Kepala Dinkes Boyolali, Ratri S Survivalina, Senin (8/6).

Dijelaskan, upaya menjaga diri bisa dimulai dari diri sendiri dan keluarga. Dimana pemakaian masker harus tetap dilakukan saat keluar rumah. Juga tetap rajin mencuci tangan memakai sabun dan air mengalir.

Dijelaskan, dari jumlah pasien tersebut, dua diantaranya meninggal dunia. Yaitu, SD asal Kecamatan Teras dan DR asal Kecamatan Andong. Keduanya sudah dimakamkan dengan standart Covid-19.

DR sebenarnya adalah pelaku perjalanan asal Karangawen, Kabupaten Demak. Saat itu, dia mengalami sakit dan dibawa ke Boyolali. Sempat dubawa ke RSU Pandan Arang Boyolali, namun dirujuk ke RS Darurat Covid-19.

“Untuk jumlah pasien, ada penambahan 6 orang dari jumlah 27 pasien sebelumnya.”

Keenam pasien baru adalah, DM (41), IM (21) dan PU (2,5) yang merupakan klaster Senting, Kecamatan Sambi. Mereka sudah dikarantina di RS Darurat Covid-19 Boyolali. Kemudian SM (73) asal Kecamatan Banyduno dan JU (51) asal Kecamatan Cepogo.

SM belum diketahui pasti sumber penularannya, namun dari hasil tracking diperoleh kontak erat dengan anggota keluarga dari luar wilayah. Jumlah kontak erat sementara tercatat sebanyak 30 orang.

“Untuk JU, sumber penularan di Pasar Cepogo karena sebelumnya dia kontak dengan sejumlah pedagang sayur asal luar daerah.”

Pasien terakhir atau ke-33 adalah YP (53) asal Kecamatan Banyudono. Dia adalah pelaku perjalanan asal luar Jawa. Karena akan kembali lagi, maka dia melakukan test PCR secara mandiri sebagai syarat bisa naik pesawat terbang.

“Ternyata, hasil tesnya dinyatakan positif.” (Joko Murdowo)

Tinggalkan Pesan