Untuk mencapai perkembangan optimal dengan semua potensi yang dimiliki, anak butuh pendampingan tepat dari orangtua. Di masa pandemi seperti sekarang ini, orangtua pun wajib menjadi guru terbaik untuk anak-anaknya.
ILUSTRASI/dream.co.id

PADA masa pandemi Covid-19, orangtua wajib menjadi guru terbaik untuk anak-anaknya di rumah.

Bukan barang mudah dan membutuhkan waktu untuk mendampingi anak tetap duduk, menyimak, dan fokus ke layar gawai di mana gurunya sedang menjelaskan pelajaran. Maka dari itu, orangtua harus punya strategi agar anak tetap nyaman dan happy meski belajar dari rumah.

Ada beberapa tips yang bisa para orangtua terapkan agar anak mau mengikuti pelajaran sekolah meskipun belajar dari rumah, berikut rinciannya seperti dikutip dari liputan6.com:

  1. Bikin Rencana Rutinitas
    Membuat daftar rencana rutinitas kegiatan ternyata sangat penting dilakukan oleh orangtua. Caranya, Anda bisa mulai mempertimbangkan kapan waktu bermain dan belajar.

Ada baiknya Anda menggunakan aktivitas sehari-hari sebagai kesempatan belajar bagi anak. Misalnya mengajak anak untuk melakukan pekerjaan rumah bersama. Dikutip di laman UNICEF ternyata cara ini baik untuk mengembangkan fungsi motorik halus dan kasar anak.

  1. Bantu Anak Ungkapkan Perasaannya
    Lantaran lama berada di rumah saja, kemungkinan besar rasa bosan kerap muncul dan membuat anak tak nyaman. Nah yang harus diingat bahwa setiap anak mungkin reaksi berbeda terhadap kebosanan.

Jika anak terus menerus mengeluh bosan pastikan Anda berusaha lebih bersabar dan mengerti. Cobalah mulai membicarakan masalah yang dialaminya dan biarkan anak berbicara dengan bebas.

  1. Gunakan TV dengan Cerdas
    Selama waktu sekolah, Anda dapat menggunakan program TV yang sesuai dengan kurikulum sehingga mereka akan belajar lebih banyak. Di era yang serba maju ini, coba bantu meningkatkan kosa kata anak dalam berbahasa asing.
  1. Sertakan Seni
    Mulailah untuk meluangkan lebih banyak waktu dengan anak selama di rumah dan lakukan kegiatan seru yang jarang diterimanya di sekolah. Misalnya dengan melakukan proyek kreatif atau menyanyikan lagu-lagu daerah. Sekarang ini, banyak aplikasi yang bisa Anda gunakan sebagai referensi pembelajaran di rumah.
  2. Makan Siang adalah Kesempatan Belajar
    Waktu belajar anak di sekolah memang berbeda ketika aktivitas itu dilakukan di rumah. Nah sebagai orangtua, Anda dapat menggunakan waktu makan siang untuk belajar.

Demikian sedikit penjelasan trik dan tips, agar anak anda beyah di rumah dan tetap bisa konsentrasi menyelesaikan tugas-tugas sekolah. Selamat mencoba !(*)

Artikel asli : https://m.liputan6.com/health/read/4365874/5-tips-agar-anak-happy-belajar-dari-rumah-di-masa-pandemi?

Tinggalkan Pesan