6 Makanan Super yang Mengandung Zat Besi Tinggi Wajib Dikonsumsi Tubuh

Daging-Sapi

TUBUH manusia membutuhkan berbagai jenis asupan nutrisi untuk menjaganya tetap dalam keadaan prima, salah satunya adalah zat besi.

Terdapat banyak peran penting dari mineral yang satu ini untuk kesehatan kita, yang paling umum adalah mencegah anemia. Namun selain itu, terdapat manfaat penting lainnya seperti membentuk hormon dan jaringan ikat, memastikan tumbuh-kembangnya sel-sel tubuh, serta meningkatkan konstentrasi.

Selain berbagai manfaat zat besi tersebut, jika kekurangan zat besi juga cukup berbahaya bagi tubuh, seperti terjadi anemia, mudah lelah dan berbagai gangguan kesehatan lainnya.

Berapa banyak zat besi yang dibutuhkan tubuh?

Itu tergantung pada usia dan jenis kelamin Anda. Pria membutuhkan 8 miligram, sedangkan wanita setidaknya 18 mg hingga usia 50. Namun cukup 8 mg setelah umur itu. Semasa kehamilan, dibutuhkan lebih banyak lagi zat besi.

Untuk mendapat kebaikan zat besi, Anda bisa mendapatkannya pada beberapa makanan yang mengandung zat besi tinggi seperti berikut.

  1. Daging Sapi

Bagi pecinta daging sapi, kabar baik buat Anda, karena sumber protein hewani ini mengandung zat besi yang sangat tinggi. Misalnya, dalam 6 ons steak sirloin terdapat 3,2 gram mineral penting ini.

Unggas

2 Unggas

Beberapa orang tidak suka atau mungkin membatasi mengonsumsi daging merah. Lalu apa penggantinya agar tetap mendapat asupan zat besi tinggi?

Anda bisa mengonsumsi daging unggas, karena daging unggas juga mengandung zat besi yang tinggi.

Cobalah mengonsumsi daging kalkun, ayam atau bebek. Di dalam satu porsi bebek 3 ons misalnya, terdapat 2,3 mg zat besi. Sedangkan daging ayam dan kalkun dengan porsi yang sama, mengandung 1 mg zat besi.

  1. Ikan

Ikan memang terkenal sebagai makanan yang bernutrisi tinggi kaya manaat. Namun ternyata, ikan juga mengandung zat besi yang cukup tinggi.

Untuk mencukupi kebutuhan zat besi harian, Anda dapat menambahkan ikan pada menu diet harian Anda. Tak masalah ikan hasil budidaya atau tangkapan langsung, semuanya sama-sama memiliki kebaikan nutrisi.

Ikan

Beberapa ikan yang memiliki zat besi cukup tinggi diantaranya adalah Tuna, sarden dan makarel.

  1. Sayuran

Selain daging-dagingan, ternyata sayuran juga merupakan sumber zat besi yang baik. Bayam, kangkung, dan sawi merupakan beberapa sayuran yang mengandung mineral ini.

Sayuran

Ada banyak cara untuk mendapat manfaat sayuran, seperti dikukus, tumis, atau potong-potong dalam bentuk salad. Pastikan tidak memasaknya terlalu lama, agar nutrisinya tidak jauh berkurang,

  1. Telur

Sumber makanan ini mudah didapat dan kerap dikonsumsi sebagai lauk harian. Entah itu diolah bersama bahan makanan lain, dibuat secara sendiri atau lainnya.

Telur

Sebagai menu sarapan, ada baiknya jika menghidangkan olahan telur bersama roti gandum, karena roti gandum juga kaya akan zat besi.

Namun Anda perlu perhatikan, jika Anda minum kopi atau teh panas bersamanya, Anda mungkin akan kehilangan sebagian manfaatnya. Itu karena kopi dan teh dapat mencegah penyerapan zat besi.

  1. Buah Segar

Jika Anda pecinta buah-buahan, Anda termasuk orang yang beruntung. Terdapat banyak nutrisi penting yang terdapat pada buah-buahan, tentu beda jenis beda pula kandungannya.

Buah-Segar

Salah satu yang akan Anda dapat dari buah adalah kandungan zat besi yang tinggi. Misalnya buah semangka, satu irisan kecil saja bisa memberi Anda 0,69 mg zat besi. Lima buah ara berukuran sedang mengandung 1 mg zat besi, sedangkan pisang mengandung 0,36 mg dan satu buah apel mengandung 0,5. (Ivan)

Editor : Sarmun

1 komentar

Tinggalkan Pesan