kasmagata
FOTO/DOK

KARANGANYAR,sms.com – Keluarga Alumni SMAGA Surakarta (KASMAGATA) mengadakan kegiatan sosial bertajuk “Reboisasi Dan Workshop Pembuatan Kompos” di lokasi Tawangmangu, Karanganyar Jawa Tengah pada, Sabtu (5/12/2020).

Kegiatan reboisasi atau penanaman kembali di Kawasan Hutan Lindung milik Perhutani di Bukit Mongkrang adalah wujud kerjasama antara KASMAGATA dengan Perhutani. Sebanyak 500 bibit pohon Eucalyptus akan ditanam oleh 30 orang perwakilan KASMAGATA dan dibantu Pengurus LMDH Mongkrang serta masyarakat sekitar.

Baca : 5 Benda Tertua yang Pernah Ditemukan di Dunia

Kegiatan Reboisasi ini dihadiri oleh Administrator Perhutani Surakarta dan Ketua LMDH Bukit Mongkrang. Dalam kegiatan ini, secara simbolik diserahkan bibit tanaman Sala dari KASMAGATA kepada Pengurus LMDH Bukti Mongkrang.

“Selain kegiatan Reboisasi, KASMAGATA juga menyelenggarakan Workshop Pembuatan Kompos di desa Blumbang,” kata ketua penyelenggara Putu Indrati. Pada kegiatan tersebut, KASMAGATA menyerahkan 20 tong sampah dan 10 tong kompos kepada pengurus LMDH Blumbang.

Baca : Dua Titik Pengungsian Merapi di Klaten Dipasang CCTV

Kegiatan ini diharapkan bisa bermanfaat bagi warga desa Blumbang untuk memahami cara pengolahan sampah organik menjadi kompos. Pada workshop ini, KASMAGATA menghadirkan Denok Marty Astuti sebagai nara sumber Workshop Pengolahan sampah organik menjadi Kompos.

Dengan terlaksananya kedua kegiatan di Tawangmangu ini, KASMAGATA berharap dapat membuka pintu silaturahmi antara Alumni SMAN 3 Surakarta dengan masyarakat di Tawangmangu khususnya masyarakat di Bukit Mongkrang maupun Desa Blumbang pada masa yang akan datang.

Kegiatan ini sendiri diharapkan dapat menjadi ajakan dari KASMAGATA kepada seluruh Alumni SMAN 3 Surakarta untuk kembali peduli dan menjaga alam lingkungan dimanapun para alumni berada. (rls)

Editor : Sarmun

Tinggalkan Pesan