Beranda uncategorized Ikuti Sang Bapak, Putra Jokowi Selangkah Lagi Jadi Wali Kota Solo

Ikuti Sang Bapak, Putra Jokowi Selangkah Lagi Jadi Wali Kota Solo

0
Ikuti Sang Bapak, Putra Jokowi Selangkah Lagi Jadi Wali Kota Solo

SOLO,suaramerdekasolo.comGibran Rakabuming Raka bersama Teguh Prakosa memenangi Pemilihan Wali Kota (Pilwakot) Solo 2020. Duet nomor urut 1 ini resmi memperoleh suara terbanyak dalam Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Penghitungan Sura Pilwakot Solo 2020 yang digelar KPU Surakarta di The Hotel Sunan Solo, Rabu (16/12/2020).

Berdasarkan hasil rekapitulasi tersebut, maka tinggal selangkah lagi Gibran akan mengikuti jejak sang ayah Joko Widodo yang dulu pernah menjabat sebagai Wali Kota Solo.

Baca : Di TPS Sendiri Bagyo Keok, Warga Malah Ada yang ‘Nyoblos’ Gisella

Dalam rapat pleno itu terdapat 35.476 suara tidak sah. Gibran Teguh mendapatkan 86,5 persen, adapun pasangan Bagyo Wahyono-FX Supardjo (Bajo) mendapatkan 3,46 persen suara. Baik perwakilan paslon nomor urut 1 dan 2 menerima hasil ini.

Selanjutnya KPU memilik tugas yaitu menetapkan paslon pemenang Pilwakot. Namun pelaksanaanya menunggu tenggat waktu yang disiapkan untuk gugatan di Mahkamah Konstitusi

Prosessi rekapitulasi diawali dengan pembukaan kotak suara, rekapitulasi, penetapan paslon, dan penandatanganan/penyerahan berita acara dari KPU ke perwakilan paslon.

Ketua KPU Kota Surakarta Nurul Sutarti mengatakan, tahapan berikutnya yang dilakukan adalah menunggu tenggat waktu gugatan hasil pilwakot ke MK dan pelantikan.

Baca : 8 TPS Rawan, Di Antaranya TPS Paslon Nyoblos

Menurut Nurul pelaksanaan pilwakot berjalan lancar dan partisipasi pemilh datang ke tempat pemungutan suara dalam masa Covid-19 ini cukup tinggi.

“Daftar pemilih tetap Solo yakni 418.280 tingkat partisipasi mencapai 70,7 persen,” kata Nurul.
Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Penghitungan Sura Pilwakot Solo 2020 dilaksanakan dengan disaksikan perwakilan paslon, bawaslu, serta Forkaminda. (Budi Santoso)

Editor : Sri Hartanto

Tinggalkan Pesan