WONOGIRI,newsreal.id – Banyak pegiat literasi di Kabupaten Wonogiri yang mendirikan Taman-taman Bacaan Masyarakat (TBM). Semangat mereka sangat tinggi untuk meningkatkan budaya literasi. Meski demikian, TBM masih perlu bantuan, sentuhan, dan kontribusi dari semua pihak.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Wonogiri Yuli Bangun Nursanti mengatakan, perjuangan pengelola TBM luar biasa. “Mereka punya niat baik agar bisa membantu masyarakat sekitarnya. Tetapi standar sarana dan prasarananya belum memadai,” katanya usai Workshop Penguatan TBM di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Wonogiri, Jumat (18/12/2020).

Baca : 5 Bangunan Kuno yang Masih Digunakan Hingga Kini

Oleh karenanya, butuh bantuan dan kontribusi dari semua pihak agar TBM-TBM tersebut semakin kuat. “Perjuangannya luar biasa, apalagi dalam masa pandemi Covid-19 ini mereka bisa menjadi guru di lingkungannya,” imbuhnya.

Adapun yang dibutuhkan antara lain berupa sarana dan prasarana untuk mengikuti perubahan zaman yang cepat. Saat ini ada 32 TBM yang terkomodir di Forum Taman Bacaan dan menjadi mitra Pendidikan Nonformal Kabupaten Wonogiri.

Dia mencontohkan, banyak daerah pegunungan yang belum terjangkau sinyal internet. TBM menjadi salah satu solusi dalam mendukung pembelajaran jarak jauh.

Baca : Tambah Dua Orang Lagi, 10 Orang Positif Covid-19 di Sragen

Budi Hartati, ketua pelaksana Workshop Penguatan TBM mengatakan, peserta workshop terdiri atas pamong belajar SKB Wonogiri, penilik, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dan para pegiat literasi. Workshop diadakan 10-18 Desember.

Materi yang disampaikan berupa penataan pengelolaan taman bacaan, enam literasi dasar, cara menjalin kemitraan, mengelola administrasi dan kegiatan. Workshop juga mendatangkan pemateri dari TBM Mata Aksara Yogyakarta.

Dia menerangkan, masyarakat selama ini hanya memahami TBM sebagai tempat menyusun dan meminjam buku. “Sebenarnya tidak cuma literasi baca tulis. Ternyata lebih dari itu, ada literasi numerasi, budaya, finansial, sains, dan digital,” katanya. (Khalid Yogi)

Baca : Calon Perdes Boyolali Serentak Ikuti Tes

Tinggalkan Pesan